SIMULASI ALIRAN FLUIDA PADA SISTEM PENCEGAHAN KEBAKARAN PADA BUS DENGAN WATER MIST MENGGUNAKAN PIPE FLOW EXPERT
Abstract
Dalam penelitian ini water mist digunakan sebagai sistemproteksi terhadap bahaya yang di timbulkan oleh apidengan mekanisme kerja seperti semprotan(spray).Kinerja dari water mist untuk mendapatkan droplet yangsesuai dengan karakteristik nozzle, dipengaruhi olehtekanan dan flow rate yang dihasilkan oleh pompa.Kondisi lingkungan dalam pipa juga turut berpengaruhterhadap output yang dihasilkan nozzle.Untuk menguji efektifitas kinerja water mist terhadappemadaman kebakaran, dilakukan percobaanpemadaman dengan menggunakan model kabinpenumpang pada kendaraan bus. Hasilnya water mistefektif memadamkan api pada model kabin bus denganwaktu pemadaman 21,30 detik pada ketinggian 174cm.Untuk dapat diaplikasikan pada kondisi bus yangsebenarnya, kebutuhan flow rate dan tekanan perludipenuhi agar sistem pemadaman dapat bekerja denganbaik.Dalam penelitian ini disimulasikan karakteristik aliranfluida yang terjadi pada saat sistem aktif di kondisikeadaan yang sebenarnya dengan mengggunakanSoftware Pipe Flow Expert. Dari hasil simulasi diperolehspesifikasi pompa dan pipa yang sesuai untukdiaplikasikan pada sistem pemadam kebakaran berbasiswater mist pada kendaraan yang sesungguhnya.Dibutuhkan pompa dengan tekanan minimal 5 bardengan flow rate 28,47 L/min agar sistem dapat bekerjadengan optimal. Sehingga, untuk memenuhi kebutuhanflow rate, digunakan 9 pompa dengan tekanan 5 bar danflow rate 3,3L/min yang disusun secara paralel.
Full Text:
PDFReferences
Website: http://www.jpnn.com/read/2012/06/05/129614/index.php?mib=berita.detail&id=129312
Webtite: http://news.okezone.com/read/2014/08/28/500/1030944/9- bus-transjakarta-terbakar-sejak-januari-2014
Dennis P. Nolan, “Handbook of Fire and Explosion ProtectionEngineering Principles. For Oil, Gas, Chemical and RelatedFacilities,” 3th Edition, Elsevier Inc, pp. 105-106, 2014
G. Grant, J. Brenton, D. Drysdale, Fire suppression by water sprays,Prog. Energy Combust. Sci. 26 (2000).
Robert Andrew Hart MEng. Numerical Modelling of tunnel firesand water mist suppression. Thesis submitted to the University ofNottingham for the degree of Doctor of Philosophy December 2005
Liu, Z.; Kim, A.K.; Carpenter, D.;Kanabus-Kaminska, J.M.; Yen,P-L.”Extinguishment of cooking oil fires by water mist firesuppression systems”. Fire Technology, v. 40, no. 4, October 2004
X-572 Spray Nozzle Classification by Droplet Spectra; TedSouthcombe, 2002
R. Anleitner, A. Maranghides, J. Montgomery, “Water MistVisualization And Droplet Size Analysis In Large-Scale FireSuppression Research”, Halon Options Technical WorkingConference, 24-26 April, 2014
Website: http://www.engineeringtoolbox.com/flow-velocity-waterpipes-d_385.html
Fuel Pump Technical Data, Motor Sport Component, Bosch.
Gytha Indriawati Amin. “Analisis Pemenuhan Sistem TanggapDarurat Kebakaran di Area Produksi PLTU PT. PJB UP MuaraKarang Jakarta Tahun 2010” . Essay submitted to the UniversitasSyarif Hidayatullah Jakarta for the degree of Sarjana KesehatanMasyarakat, Desember 2010.
Refbacks
- There are currently no refbacks.