ANALISIS KOMPARASI SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING DAN WEIGHTED PRODUCT DALAM PENENTUAN PENERIMA BEASISWA

Siti Nurhayati

Abstract


Beasiswa adalah bantuan biaya pendidikan bagi peserta didik yang berasal dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi dan atau bagi peserta didik yang memiliki prestasi akademik. Keberadaan beasiswa sangat penting di ranah pendidikan. Maka dari itu agar pelaksanaannya transparan dan tepat sasaran maka diperlukan metode pendukung keputusan penentuan penerima beasiswa. Metode yang dapat digunakan yaitu SAW (Simple Additive Weighting) dan metode WP (Weighted Product). Metode SAW dan WP digunakan karena dapat menentukan nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilanjutkan dengan proses perankingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksud adalah yang berhak menerima beasiswa berdasarkan kriteria yang ditentukan. Dari hasil analisis terpilih tiga besar nilai preferensi tertinggi sebagai alternatif terbaik untuk mendapatkan beasiswa Dengan demikian dua metode yang digunakan menghasilkan alternatif terbaik yang sama, sehingga kedua metode ini dapat digunakan untuk penentuan peneriama beasiswa.  


Full Text:

PDF

References


S. Kusumadewi, S. Hartati, A. Harjoko, R. Wardoyo, “ Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY-MADM),” Graha Ilmu, 2006. A.

Ahmadi, D.T. Wahyuni, “Implementasi Weighted Product (WP) dalam Penentuan Penerima Bantuan Langsung Masyarakat PNPM Mandiri Pedesaan,” Seminar Nasional Aplkasi Teknologi Informasi (SNATI), Juni 2014.

S. Eniyanti, “Perancangan Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan untuk Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting),” Junal TeknologiInformasi DINAMIK Volme 16. No.2, Juli 2011.

T.S. Jaya, “Sistem Pemilihan Perumahan dengan Metode Kombinasi Fuzzy C-Means Clustering dan Simple Additive Weghting,” Tesis, Universitas Diponegoro Sematang, 2012.

I.K. Sari, Y.D. Lulu, W, K. Diah, K “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Gedung Perusahaan dengan Metode Weighted Product,” Politeknik Caltex Riau.

F.R. Eprilianto, T. Sagirani, T. Amelia “Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Beasiswa Menggunakan Metode Simple Additive Weighting di Universitas Panca Marga Probolinggo,” Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.