PENDEKATAN MODEL OBJECTIVE MATRIX-AHP UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA PELAYANAN PADA KANTOR KELURAHAN

Rina Fiati

Abstract


Produktivitas adalah elemen yang paling penting untuk membuat suatu organisasi tetap eksis. Dalam setiap organisasi,kegiatan pemeriksaan kinerja adalah kegiatan yang perlu dilakukan. Pencapaian hasil suatu   organisasi   dapat   dilihat   dari   kinerja   yang dihasilkan. Karena hal ini yang menjadikan organisasi baik swasta maupun pemrintahan semakin berkembang. Oleh karena itu, diperlukan suatu pengukuran kinerja agar  peningkatan  produktivitas  dapat  terkendali  dan sesuai dengan target organisasi. Tujuan dari penelitian adalah untuk membuat sistem   pengambilan keputusan berbasis teknologi informasi yang dapat membantu para pimpinan dalam mengambil keputusan dalam   meningkatkan   kinerja pelayanan masyarakat pada kantor kelurahan. Metode yang digunakan adalah metode Objective Matrix (Omax) AHP.  Hasil  yang  diperoleh  dari evaluasi  terlihat bahwa  kriteria  kinerja  pada  produktivitas  karyawan mengalami  fluktuasi  pada  beberapa bulan  terakhir pengukuran, sedangkan layanan dan jam kerja cukup stabil pada periode-periode akhir pengukuran dengan nilai  tertinggi  sebesar  840,  dan  meningkat  sebanyak 61,54 % dari Indeks pelayanan.  


Full Text:

PDF

References


Turban, E., and Aronson, J.E., 2005, Decission Support System and Intelligent System, 7th Edition, Prentice Hall, Inc., New Jersey.

Saaty, T.L., 1991, Decision Making For Leaders The Analytical Hierarchy Process For Decison. University of Pitsburgh.

Singgih, Moses L.,2009. Model Produktivitas Objective Matrix (OMAX), Analisis Produktivitas, http://www.ie.its.ac.id/download/publikasi.pdf . diakses tanggal 3 maret 2013

Avinda, D.,dkk. Strategi Peningkatan Produktivitas di laintai produksi menggunakan metode objective matrix (OMAX), Jurnal Online Reka Integra ISSN : 2338-5081, No.04 Vol.01 April 2014, Jurusan Teknik Industri Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung

Ngemba, Hajra Rasmita, 2011. SPK terhadap Produktivitas Hotel Menggunakan metode OMAX ( Studi kasus : Hotel Le Beringin Salatiga), Skripsi Fakultas Teknologi Industri UKSW : Salatiga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.