RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR KERUSAKAN SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA SEBAGAI MEDIA PENUNJANG PEMBELAJARAN STUDY KASUS: SMK NEGERI 1 GEGER – KAB. MADIUN

Mochamat Bayu Aji, Ari Suhartanto

Abstract


Latarbelakang penelitian ini adanya permasalahan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran praktikum di bengkel Teknik Sepeda Motor SMKN 1 Kab. Geger karena kurangnya jumlah tenaga pendamping. Siswa yang mengalami permasalahan dalam menangani kerusakan motor pada kegiatan praktikum tidak mendapatkan pengarahan dari pendamping secara intensif. Maka satu cara yang dikembangkan adalah mengubah sistem pembelajaran konvensional penuh dengan sistem pembelajaran yang lebih efektif dan efesien dengan dukungan sarana dan prasarana yang memadai. Sistem Pakar Berbasis Web Untuk Analisa Kerusakan Sepeda Motor Honda Supra sebagai Media Penunjang Pembelajaran pada Teknik Sepeda Motor SMKN 1 Geger ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi dan diagnosa mengenai kerusakan motor Honda. Dari penerapan media penunjang pembelajaran berbasis sistem pakar ini dapat membantu siswa dalam menyelesaikan permasalahan kerusakan motor.


Full Text:

PDF

References


Kristianto, Andi. 2010. Pengembangan Media Komputer Pembelajaran Multimedia Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Sistem Tata Surya Bagi Siswa Kelas 2 Semester I Di Sman 22 Surabaya. Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya Vol. 10 No.2. ISSN: 0854-7149. [2]

Riyadi, A.S. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Untuk Mata Diklat Mengoperasikan Mesin CNC Dasar Di Smk Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta. Skripsi, tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Mesin - Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. 2012 . Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D . Bandung: CV Alfabet.

Sunarno, Pembelajaran Dengan Metode Interaktif Berbasis ICT. Https://edukasi.kompasiana.com/2011/06/21/pembelajarandenganmetode- interaktif-berbasis-ict/. Diakses Tanggal 29 Desember 2012.

Sutojo, et.al. 2011. Kecerdasan Buatan . Yogyakarta: ANDI Yogyakarta dan UNIDUS Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.