PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DALAM MENENTUKAN PENDIRIAN LOKASI GRAMEDIA DI SUMATERA UTARA

Khairani Puspita, Purwa Hasan Putra

Abstract


Kemampuan mengambil keputusan dengan cepat dan cermat merupakan kunci keberhasilan dari seorang pengambil keputusan (decision maker). Decision support system (Sistem Pendukung Keputusan) merupakan sistem informasi interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan, dan pemanipulasian data. Sistem itu digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam situasi yang semiterseteruktur dan situasi yang tidak terseteruktur, di mana tak seorang pun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat. Pada penelitian ini, penulis mencoba menerapkan metode Simple Addtive Weighting (SAW) dalam menentukan pendirian lokasi Gramedia di Sumatera Utara. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan antara lain: Pengujian dengan penerapan metode Simple Additive Weighting dapat menentukan pendirian lokasi Gramedia di Sumatera Utara dimana alternatif terbaik dengan nama lokasi Tanjung Morawa, Jarak Sarana Pendidikan 0.8, Jarak Dengan Gramedia Pusat 0.6, Harga Tanah 5, Jarak Kota 0.4, Kepadatan Penduduk 0.2, dan Hasil Akhir 1536.


Full Text:

PDF

References


Astuti Wahyuning Reny. dan Muhsin. “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Lokasi Pasar Dengan Menggunakan Fuzzy Multi Atribut Decision Making (FMADM) Metode Simple Additive Weighting (SAW)” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SNASTIKOM 2013), 2013.

Budi Stefani Raina, et al. “ Sistem Pendukung Penentuan Lokasi Kuliner Di Semarang Dengan Metode Simple Additive Weighting” Joint Informatics and Technology, Vol 1, No 4, Tahun 2012.

Hartini Citra Dwi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Hotel Di Kota Palembang Dengan Metode Simple Additive Weighting(SAW)” Jurnal Sistem Informasi (JSI), Vol. 5, No. 1, April 2013.

Kusrini, “Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Yogyakarta”, Yogyakarta, Andi, 2007.

Sari Desi Reskika. “Perancangan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Pemasaran Rumah Denagn Metode Simple Additive Weighting” Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI), Volume1, Nomor 12, Oktober 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.