SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN METODE SAW STUDI KASUS PEMILIHAN RUMAH

Risky Aswi, Danar Putra P

Abstract


Pengambilan keputusan selalu berkaitan dengan ketidakpastian dari hasil keputusan yang diambil. Sistem Pendukung Keputusan dikembangkan untuk mengurangi faktor ketidakpastian tersebut dengan mengolah sebuah informasi menjadi sebuah alternatif pemecahan suatu masalah. Metode yang dapat diterapkan dalam sistem pendukung keputusan yaitu Simple Additive Weighting(SAW). Untuk mengetahui proses pengolahan informasi sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode SAW penulis menggunakan studi kasus pemilihan rumah dengan kriteria strategis, kondisi rumah, sanitasi, keindahan dan keamanan. Jumlah alternatif pilihan rumah sebanyak sepuluh. Setelah semua nilai kriteria dimasukan maka hasil pengolahan dengan metode SAW akan diranking dan rangking tertinggi yang akan dipilih.Hasil perangkinngan dari alternative yang digunakan nilai tertinggi V = 90.3830952 alternatif A4 yaitu perumahan Rejomulyo.


Full Text:

PDF

References


Setiaji, Pratomo, “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Simple Additive Weighting,” Jurnal Simetris vol.1 no.1 Universitas Muria Kudus, Kudus.2012

Kusrini,”Konsep dan Aplikasi Sistem Penunjang Keputusan”, Yogyakarta: Andi Offset.2007

Kendall, Keneth E, Kendal Julie E,” Analisis dan Perancangan Sistem edisi lima jilid 1”, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Turba dkk, ” Decision Support System and Intelligent System”, Yogyakarta: Andi Offset

Kusuma, Sri dkk, ” Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM)”, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Amborowati, Armadyah, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Perumahan dengan Metode AHP Menggunakan Expert Choise”, Jurnal DASI 9, Amikom, Yogyakarta, 2008.

Yolia, Indrawati, “Implementasi Metode Simple Additive Weighting Pada Sistem Pengambilan Keputusan Sertifikasi Guru,” Institut TeknologiNasional Bandung, Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.