KAJIAN EFEKTIFITAS SISTEM INFORMASI JASA ANGKUTAN LAUT STUDI KASUS PT.PELNI PUSAT

Halimatussa’diah Halimatussa’diah

Abstract


Perkembangan teknologi informasi (TI) telah memberikan berbagai sarana bagi menajemen dalam mengelola bisnis dan pembuatan keputusannya. Penelitian ini mencoba menggunakan obyek Pada PT.PELNI Pusat Jl.Gajah Mada Jakarta sebagai perusahaan layanan jasa pelayaran untuk memberikan pelayanan secara efektif kepada para pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengadopsi DeLone dan model McLean untuk menguji hubungan pendahulu (kualitas sistem, kualitas informasi), dan konsekuensi (dampak individu dan dampak organisasi) dari keberhasilan informasi (kepuasan pengguna, dimaksudkan untuk digunakan). Dengan judul “ kajian Efektivitas Sistem Informasi Jasa Angkutan Laut Dengan Menggunakan Model DeLone And McLean : Studi Kasus PT. PELNI PUSAT Jl. Gajah Mada Jakarta “, membahas tentang tingkat efektivitas pengguna jasa angkutan laut bidang pelayaran yang dapat dideteksi dari persepsi dan perilaku pengguna dengan menggunakan model Delone And McLean . Data dikumpulkan melalui survey dan dianalysis dengan Model Equtin Struktural. Model ini memberikan dukungan kuat untuk pengaruh digunakan pada dampak individu, dan dampak individu dipengaruhi pada dampak organisasi. Di sisi lain, sistem mutu dan kualitas informasi tidak berpengaruh pada kepuasan pengguna. Selain itu, kepuasan pengguna tidak dipengaruhi pada dampak individu. penelitian lebih lanjut diperlukan untuk meningkatkan model dan metode sampling. Keterbatasan dan mendiskusikan juga sangat diperlukan.  


Full Text:

PDF

References


Ghozali, Imam.(2008).Model Persamaan Struktural : Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 16.0. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Hamilton, S. Chervany, N.L. (September,1981) Evaluating Informations System Effectivess Part I : Comparing Evalution Approaches. MIS Quarterly5(3), 55-69. March 14,2010 http://www.jstor.org/stable/249291.

HM.Jogiyanto.(2007). Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi Yogyakarta : Andi.

Iivary,Juhani.2005 “ An Empirical Test of the DeLone – McLean Model Information System Succsess “ Database for advance in information system (DFA) . ISSN : 1532- 0936. Volume 36. ProQuest Company.

O’ Brien, James A.(2005).Introduction To Information Systems (12th ed). New York: McGraw-hill.

Radityo, Dody. (2007). Pengujian Model Delone Mclean Dalam Pengembangan Sistem Informasi Manajemen (Kajian Sebuah Kasus). Simposium Nasional Akutansi X. Makasar :Unhas, Februari 26, 2010.http://info.perbanasinstitute.ac.id/pdf/SI/SI05.pdf

Wahyudi,JB,(1990). Teknologi Informasi Dan Prodiksi Citra Bergerak. Jakarta : Gramedia.

Widodo, Prabowo,P. (2007) Statistika: Analisis Multivariat. Seri metode Kuantitatif, Jakarta: STMIK Nusa Mandiri

Widodo, Endah. (2004). Pengukuran Konsep Efektifitas Sistem Informasi: Penelitian Pendahuluan. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi. March10,2010. http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/ViewFille/1 805/1584

Sekaran, Uma. (2003). Research Methods for Business: Skill-Building Approach:


Refbacks

  • There are currently no refbacks.