RANCANG BANGUN KAMUS BAHASA ONLINE USING-INDONESIA BERBASIS ANDROID

Eka Mistiko Rini, Muh. Fuad Al Haris, Devit Suwardiyanto

Abstract


Banyuwangi merupakan salah satu daerah di ujung timur pulau Jawa - Indonesia yang dihuni oleh suku asli yaitu suku Using dan tentunya juga mempunyai bahasa seharihari dan khas untuk digunakan yaitu bahasa Using. Bahasa using (baca Osing) yang hampir mirip dengan bahasa jawa ini mempunyai dialek khas. Menurut rancangan perda kabupaten Banyuwangi yang disusun pada 2007 bahasa using adalah “bahasa yang ditandai dari ciri kedaerahan, diwariskan dan dipelihara turun temurun, berkembang bersama tumbuhnya cikal bakal masyarakat Banyuwangi”. Terdapat sejarah yang panjang sampai pada akirnya bahasa Using ini diputuskan menjadi bahasa daerah Banyuwangi. Para budayawan berjuang keras untuk mengumpulkan dan mendokumentasikan kosakata dan sastra using agar tidak punah. Dalam rangka ikut melestarikan bahasa Using ini, peneliti melalui dana hibah penelitian dari RPJMD, RKPD Kabupaten Banyuwangi tahun 2014 melakukan penelitian untuk pembuatan aplikasi penerjemah dalam kamus online Using – Indonesia berbasis android. Aplikasi Terjemahan online merupakan layanan yang memungkinkan pengguna menerjemahkan kata asing ke dalam bahasa yang lebih dapat dimengerti melalui internet. Aplikasi kamus yang dibangun ini merupakan alat bantu untuk mencari makna dari kata Bahasa Using ke Bahasa Indonesia disertai contoh penggunaan bila ada. Tidak perlu membuka kamus tebal dan berat serta mencari kata perkata disetiap halaman. Dengan aplikasi kamus online ini pengguna cukup mengetikkan kata yang ingin dicari kemudian klik tombol “cari” maka makna kata akan langsung tampil di layar. Mekanisme seperti ini jauh lebih cepat dan mudah. Aplikasi kamus Using – Indonesia ini berjalam pada sistem operasi android versi 4.0 (Icecream Sandwich).


Full Text:

PDF

References


Bahasa Osing, “pengertian bahasa Using” (http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Osing), diakses 20 april 2014

Al-Rabi’i, S. M. et. al., “A complete dictionary for terminologies in computers and internet”. Riyadh: Maktabah al Abikan, 2001.

Muharom Arzan, Cahyana Rinda, Bunyamin H., “Pengembangan Aplikasi Sunda Berbasis Android Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD)”, Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut, Vol. 10 No. 01 2013.

Sembiring Jhoni Pranata, “Perancangan Aplikasi Kamus Bahasa Indonesia - Karo Online Berbasis Web Dengan Metode Sequential Search”, Pelita Informatika Budi Darma, Volume : IV, Nomor: 2, Agustus 2013.

Taufiqurrachman, Leksikologi Bahasa Arab, Malang: UIN Malang Press, 2008.

Tutorial, “android auto complete turotial”, ttp://www.tutorialspoint.com/android/android_auto_complete.htm, diakses 9 Agustus 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.