MODEL PENERIMAAN APLIKASI SISTEM INFORMASI SIMPAN PINJAM PADA KOPERASI SERBA USAHA CIPTA BOGA KOTA TANGERANG SELATAN

Dyah Retno Utari, Arief Wibowo

Abstract


Sistem Informasi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna, memiliki karakteristik dan spesifikasi yang dibutuhkan oleh para pengguna informasi. Namun demikian, dalam penggunaan sistem informasi tersebut perlu dikaji lebih lanjut untuk mengetahui tingkat penerimaan para pengguna (user). Tingkat penerimaan diperlukan untuk mendapatkan model penerimaan sistem informasi berdasarkan perilaku pengguna secara individu, hasil penerimaan teknologi tersebut akan menjadi masukan bagi pengembang sistem informasi dalam melanjutkan siklus hidup pengembangan sistem (life development life cycle). Riset ini akan mengkaji sebuah penerimaan sistem informasi dari aplikasi Sistem Informasi Simpan Pinjam milik Koperasi Serba Usaha (KSU) yang telah digunakan selama kurang lebih dua tahun. Analisis dilakukan dengan menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Berdasarkan data yang diperoleh dan diolah dengan Sequential Equation Model (SEM) menggunakan aplikasi LISREL, hasil analisis menunjukkan bahwa model penerimaan relatif dapat diterima penggunanya, terlihat dari p-value = 0.27150, Chi-Square 140.40 dan terpenuhinya enam hipotesis yang diajukan pada variabel-variabel Perceived Ease of Use (PEOU), Perceived Usefulness (PU), Attitude Toward Using (ATU), Behavioral Intention to Use (ITU), Actual System Usage (ASU).


Full Text:

PDF

References


Davis, Fred D., “Measurement Scales for Perceived Usefulness and Perceived Ease of Use”, http://wings.buffalo.edu/mgmt/courses/mgtsand/success/da vis.html, (retrieved 12 September 2014)

Yogesh Malhotra & Dennis F. Galetta, ”Extending The Technology Acceptance Model to Account for Social Influence”, 1999

Elisabet Milchramn, “Modelling the Accpetance Model of Information Technology”, http://www.inforum.cz/inforum2003 (retrieved 1 Oktober 2014)

Fahmi Natigor Nasution, “Teknologi Informasi Berdasarkan Apek Perilaku (Behavior Ascpect)”, USU Digital Library, 2004, http://library.usu.ac.id (retieved 1 Oktober 2014)

Imam Ghozali, “Structural Equation Model, Teori, Konsep dan Aplikasi dengan Program Lisrel 8.54”, Penerbit BP Undip 2005

Augusty Ferdinand, “Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen”, Penerbit BP Undip, 2002


Refbacks

  • There are currently no refbacks.