PELACAKAN LEVEL KETINGGIAN AIR BERDASARKAN WARNA DENGAN BACKGROUND SUBSTRACTION

Adhadi Kurniawan, I Wayan Mustika, Sri Suning Kusumawardani

Abstract


Paper ini membahas pelacakan level ketinggian air berdasarkan warna dengan background subtraction. Pelacakan level ini akan melacak ketinggian air dengan skala penunjukan warna. Pelacakan ini menggunakan IP kamera yang merekam dan menyimpan dalam bentuk file video. Hasil rekaman dalam bentuk video ini akan dianalisis dengan menggunakan Matlab. Pengujian dilakukan terhadap proses pendeteksian level ketinggian air yang meliputi jarak jangkauan IP kamera dan sudut dan juga posisi ketinggian IP kamera dengan intensitas cahaya. Hasil dari penelitian ini berupa jarak jangkauan IP kamera dan sudut didapatkan jarak yang optimal dalam mendeteksi dan melacak skala penunjukan level ketinggian air dan posisi ketinggian IP kamera dengan intensitas cahaya. Dalam mendeteksi dan melacak level skala penunjukan ketinggian air pada jarak jangkauan IP kamera dan sudut 50 cm dengan 30,45 dan 60 derajat. Sedangkan ketinggian IP kamera dan intensitas cahaya pada ketinggian 50-70 cm dengan intensitas cahaya 788-1982. Jika ketinggian dibawah 50 cm, IP kamera tidak dapat mendeteksi dan melacak skala penunjukan level ketinggian, begitu juga pada intensitas cahaya jika di bawah 500 karena intensitas cahaya dibawah itu menujukan kondisi gelap.


Full Text:

PDF

References


M. Ulfiyanto and I. L. E. Nugroho, "PENGEMBANGAN PROTOTIPE VOIP UNTUK TELEMETRI SISTEM PERINGATAN DINI BANJIR," Universitas Gadjah Mada, 2012.

N. R. B.S.L and D. F. Akbar, "Object Tracking Berbasis Background Substraction dan Kalman Filter " 2014.

K. D. Irianto and G. Ariyanto, "MOTION DETECTION USING OPENCV WITH BACKGROUND SUBTRACTION AND FRAME DIFFERENCING TECHNIQUE," 2009.

Wikipedia. (22 September 2014). Available: http://id.wikipedia.org/wiki/Bendung_Katulampa

A. Kurniawan, I. W. Mustika, and S. S. Kusumawardani, "Pengujian Tracking Color Menggunakan IP Webcam untuk Deteksi Ketinggian Air," CITEE, Yogyakarta, 2014.

E. Ardhianto, W. Hadikurniawati, and Z. Budiarso, "Implementasi Metode Image Subtracting dan Metode Regionprops untuk Mendeteksi Jumlah Objek Berwarna RGB pada File Video," Dinamik-Jurnal Teknologi Informasi, vol. 18, 2013.

R. D. Kusumanto, A. N. Tompunu, and W. S. Pambudi, "Klasifikasi Warna Menggunakan Pengolahan Model Warna HSV," JURNAL ILMIAH ELITE ELEKTRO, vol. 2, SEPTEMBER 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.