ANALISA PENGEMBANGAN STAR SCHEMA DATA WAREHOUSE PADA ONLINE SHOP GALIYA

Dedi Iskandar, Fahmi Azizah, Rhedi Pratama

Abstract


 Perkembangan di bidang teknologi informasi membuat banyak perusahaan dibidang retail mulai mengembangkan sistem administrasinya dengan menggunakan teknologi informasi. Proses pengelohan data dapat dilakukan diberbagai masing - masing departemen misalkan di database operasional, aplikasi operasional maupun teknologi data warehouse. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisa data penjuala, stok bahan jadi dan stok bahan baku di gudang. Dari analisa data tersebut dapat dibuat aplikasi data warehouse yang akan membantu dan mempermudah suatu kegiatan perencanaan, pengambilan keputusan dan evaluasi kerja dan dapat dilakukan lebih cepat. CV GALIYA sedang mengalami perkembangan yang pesat seiring dengan jumlah pesanan barang yang masuk, sehingga diperlukan analisa dan perancangan data warehouse untuk menanganinya. Metode analissi yang digunakan melalui wawancara pada pemilik usaha, selanjutnya kegiatan analisis data dilanjutkan dengan teknik data mining. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah fase pengembangan data warehouse. Sementara dalam penelitian ini model data warehouse yang digunakan pada suatu studi kasus Galiya dengan skema Star Schema yang mana memiliki struktur basis data lebih kompleks dari pada star schema. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan data warehouse untuk kebutuhan informasi sesuai dengan model data warehouse star schema sehingga dapat memberi dukungan informasi strategis dalam pengambilan keputusan operasional oleh pihak manajemen hotel. Selain itu, sistem informasi retail terintegrasi memberikan fasilitas kepada pihak eksekutif dalam pengambilan keputusan bisnis.


Full Text:

PDF

References


Inmon, W.H. (2005), Building the Data Warehouse, 4th Edition. Wiley Publishing, Inc., Indianapolis, Indiana.

Meta, Jemakmun dan Suryanto. (2013), Analisis Dan Perancangan Data Warehouse Rumah Sakit Umum Daerah Palembang BARI. Jurnal. Fakultas Teknik Informatika Ilmu Komputer Universitas Bina Darma, Palembang.

Connolly, Thomas M. and Carolyn E. Begg. (2005), Database Systems : A Practical Approach to Design, Implementation, and Management, 4th Edition, Addison Wesley, Longman Inc., USA.

Connolly, Thomas dan Carolyn Begg.(2005). Database Systems : A Practical Approach to Design, Implementation, And Management, 4th Edition . Addison Wesley Publishing Company Inc., California.

Inmon, W.H. (2005). Building Data warehouse , 4th Edition. John Wiley& Sons, Canada.

Lane, Paul. (2002). Oracle91 Data Warehousing Guide . Oracle Corporation.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.