WEB PORTAL DAN JEJARING MEDIA SOSIAL SEBAGAI SOLUSI PENINGKATAN PARTISIPASI PEMILIHAN UMUM PRESIDEN 2014

Faisal Rahman, Yani Nurhadriyani

Abstract


Penurunan partisipasi pada Pemilu merupakan masalah dari bangsa Indonesia. Penurunan ini semakin signifikan dari waktu ke waktu. Penelitian ini bertujuan mengembangkan penggunaan WEB Portal 2.0 dan media sosial sebagai sarana peningkatan partisipasi pemilih pada pemilihan umum 2014. Penelitian dilakukan dengan menentukan media sosial dan web portal partai politik, penetapan kuesioner partisipasi pemilih, penetapan kuesioner aktivitas penggunaan teknologi informasi yang dilanjutkan dengan analisis media sosial dan web portal, analisis perilaku pemilih, serta analisis penggunaan teknologi Informasi dan Komunikasi. Analisis yang digunakan dalam penentuan golongan putih adalah teknis, politis, politis-teknis, ideologis, pragmatis. Internet sebagai sarana untuk peningkatan partisipasi pemula dalam pemilihan umum. Media sosial dan berita elektronik menjadi sarana yang banyak digunakan dan berpengaruh untuk pemilih pemula.  


Full Text:

PDF

References


Tulung FH. 2013. Peran Humas Pemerintah dalam Masyarakat Demokrasi. Di dalam Paparan 20 November 2013 di Hotel Sunan Solo. Internet [diunduh pada 2014 April 2].Tersedia di:http://web.kominfo.go.id/sites/default/files/users/12/Peran%20H umas%20Pemerintah%20dalam%20Masyarakat%20Demokrasi%2 0-%20Freddy%20H.%20Tulung.pdf

Fatah ES. 2006. Delapan Golongan Putih. Internet. [Diunduh pada: 2014 Desember 15]. Tersedia di:http://www.ui.ac.id/download/kliping/050905/Delapan_Golong an_Putih.pdf

[BPS] Badan Pusat Statistik. 2012. Statistik Indonesia. Internet,[diunduh pada 2014 Desember 15].Tersedia di: http:/Pendahuluan/www.bps.go.id/hasil_publikasi/si_2012/index3. php?pub=Statistik%20Indonesia%202012 [4][WAS]We Are Sosial.2014.Global Digital Statistic. Internet. [diunduh pada 2014 April 21]. Tersedia di: http//: we are sosial.org

[APJI]Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia .2012. Profil pengguna Internet Indonesia. Jakarta: APJI.

Amirullah F.2013. Evaluasi Fungsionalitas Dan Efektivitas Penggunaan Web Serta Media Sosial (Web 2.0) Partai Politik 2014 Indonesia. [Internet][diunduh pada 2014 Desember 14]. Tersedia di: http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/65846/G13 fam1.pdf?sequence=1

Redaksi Kompas. 2014. KPU: Partisipasi Pemilih di Pemilu Legislatif 2014 Capai 75,11 Persen.[Diunduh Pada 2014 Juli 12]. Tersedia di: http://nasional.kompas.com/read/2014/05/10/0211249/KPU.Partisi pasi.Pemilih.di.Pemilu.Legislatif.2014.Capai.75.11.Persen

Muslim A .2013. Faktor-Faktor Partisipasi Politik Pemilih Pemula. Internet.[diunduh pada 2014 Desember 5]. Tersedia di: http:// elib.unikom.ac.id/download.php?id=215780.

Redaksi Pikiran Rakyat. 2014. Mahasiswa Daerah tak Bisa Pilih Caleg Favorit. Internet. [Diunduh Pada 2014 Desember 5]. Tersedia di: http://www.pikiranrakyat. com/node/275092Yogyakarta, 23 Mei 2009.[internet][diunduh pada 2014 Desember 14]. Tersedia di: https://www.academia.edu/914244/

Perludem] Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi. 2014. Mendorong Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu. Dalam Workshop Knowledge Sharing. Internet [Diunduh pada 2014 April 12]. Tersedia pada: www.rumahpemilu.com.

Redaksi Voa Indonesia.2014.PeranTokoh Berpengaruh Besar dalam Pemilu Indonesia . Internet [Diunduh pada 2014 Desember 4]. Tersedia di: http//:voaindobesia.com

Satria I, Nurhadriyani Y, Kurnia A. 2014. Influence of Presidential Candidates E-Campaign Towards Voters In 2014 Presidential Election in Republic of Indonesia. Disampaikan dalam Seminar Internasional ICACIS di UI 18-19 Oktober 2014.

]Redaksi Haluan. 2014. Pemilih Pemula jadi Rebutan.Internet [diunduh pada 2014 Juni 10] tersedia di: http://www.harianhaluan.com/index.php/berita/haluanpadang/ 32106-pemilih-pemula-jadi-rebutan.

Setianto. 2012.Penerimaan khalayak terhadap penerimaan beritaberitapolitik. J Pen IPTEK-KOM 14(1): 63-84.

Lim M. 2011. Democratization & corporatization of media in indonesia.Arizona (Br): Arizona state University

Aaker J, Chang, Rospar J, Hughes C, Sam Graham-Felsen, Kate Albright-Hanna, Goodstein, Bohnet B, zuckerberg R, Sladden C . 2006. Obama and the power of sosial media andtechnology. The European Business Review:16-21.

Ramadhan DA, Nurhadriyani Y, Hermadi I. 2014. Campaign 2.0: Analysis of social media utilization in Jakarta legislative election. Disampaikan dalam Seminar Internasional ICACIS di UI 18-19 Oktober 2014.

Fatanti MN. 2014.Twitter dan masa depan politik indonesia. J IPTEK-KOM (14)1: 17-27.

Caplan Jul. Sosial Media and Politics: Twitter Use in the Second Congressio-nal District of Virginia. The Elon Journal of Undergraduate Research in Communications 4(1): 5-14.

Nurhadriyani. 2009. Memahami konsep e-governanceserta hubungannya dengan e-government dan e-demokrasi. Disampaikan dalam semnasIF 2009


Refbacks

  • There are currently no refbacks.