PENGUKURAN MANFAAT MENGGUNAKAN METODE DMR RESULT CHAIN PADA UNIT DOKUMEN PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAERAH OPERASI 8 SURABAYA

Amna Shifia Nisafani, Wahyu Eka Putri Kinanti, Endang Sulistiyani

Abstract


Saat ini Unit Dokumen pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya (UD) tengah mengimplementasikan Rail Document System (RDS) sebagai solusi sistem informasi penanganan suratmenyurat. Penerapan RDS diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan terkait surat-menyurat yang terjadi ketika menggunakan Microsoft Access. Permasalahan tersebut diantaranya adalah keterbatasan akses dari sisi lokasi dan waktu, lamanya proses disposisi surat (pengiriman surat ke dalam) dan sulitnya pelacakan riwayat surat. Untuk mengetahui ketercapaian dari implementasi RDS, maka perlu dilakukan pengukuran terhadap manfaat RDS di UD. Dengan pengukuran ini, maka UD dapat terhindar dari IT Productivity Paradox. Metode yang digunakan untuk melakukan pengukuran manfaat pada penelitian ini adalah DMR Result Chain. Tahapan yang ada meliputi eksplorasi kondisi kekinian untuk menemukan masalah dan solusi TI, pengembangan DMR Result Cain, pengembangan benefit register, pengukuran manfaat, dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan dan saran. Hasil penelitian in menunjukkan bahwa penerapan RDS di Unit Dokumen dapat meningkatkan fleksibilitas akses sistem, baik dari sisi perangkat, waktu akses, dan tempat akses. Selain itu RDS juga mengurangi waktu pemrosesan surat menyurat sebanyak 10 menit untuk surat masuk dan sekitar 17 jam 33 menit untuk surat keluar. Sementara itu, dengan menggunakan RDS riwayat surat terlacak, mulai dari penanggung jawab, waktu, dan status surat. Hal ini dikarenakan proses penanganan surat dilakukan dalam satu sistem yang terintegrasi. Kata kunci: Benefit, DMR Result Chain, Benefit Register, Business IT value


Full Text:

PDF

References


E. Brynjolfsson, The Productivity Paradox of Information Technology: Review and Assessment. Center for Coordination Science. Cambridge, Massachusetts,: MIT Sloan School of Management, 1994.

W. V. Grembergen, Information Technology Evaluation Methods and Management. Belgium: Idea Group Publishing, 2000.

A.W. Utami and F. Samopa, "Analisa Kesuksesan Sistem Informasi Akademik di Perguruan Tinggi dengan Menggunakan D & M IS Success Model (Studi Kasus: ITS Surabaya)".

L. Pervan, "IS/IT Benefits Realisation and Management in Large Australian Organisations.," Curtin University : School of Information Systems, School of Information Systems Working Paper Series: No. 0002. 2000.

Toolkit Results Chains and Benefit. (2014, Nopember) [Online]. HYPERLINK "http://www.danielsklar.com." http://www.danielsklar.com.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.