PERANCANGAN SISTEM PENENTUAN TATA LETAK PARKIR BERBASIS DESKTOP

Ni Ketut Dewi Ari Jayanti

Abstract


Peningkatan yang pesat dalam jumlah kendaraan di kotakota besar, memiliki dampak terhadap kebutuhan parkir di tempat-tempat umum seperti di kantor, pusat perbelanjaan, sekolah, kampus, tempat rekreasi, dan tempat-tempat umum lainnya yang memiliki area parkir yang cukup luas. Diperlukan penataan areal parkir agar memiliki daya tampung yang maksimal tanpa mengesampingkan aspek kenyamanan untuk penggunanya sehingga penentuan tata letak dan waktu tempuh kendaraan dalam mencari lokasi parkir perlu untuk di perhatikan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah dokumen perancangan yang baik untuk sistem penentuan tata letak parkir. Sedangkan untuk menentukan jalur terpendek pada penentuan tata letak parkir dalam penelitian ini menggunakan metode Floyd-Warshall guna melakukan perhitungan jalur terpendek. Dokumen perancangan ini diharapkan dapat dijadikan sebagai panduan dalam pembangunan / implementasi sistem penentuan tata letak parkir berbasis desktop. Pendekatan rekayasa perangkat lunak yang digunakan dalam perancangan ini adalah terstruktur dan tools yang digunakan adalah Data Flow Diagram. Sedangkan perancangan sistem yang digunakan adalah berbasis desktop.


Full Text:

PDF

References


R. Kumar dn M. Kumar (2010). Exploring Genetic Algorithm for Shortest Path Optimization in Data Networks. Global Journal of Computer Science nd Technology. Vol 10.

Foulds (1992). Graph Theory Applications. Springer – Verlag, New York.

F. Saptono, I. Mutakhiroh, T. Hidayat, dan A. Fauziyah (2007). Perbandingan Performansi Algoritma Genetika dan Algoritma Semut untuk Penyelesaian Shortest Path Problem. Seminar Nasional Sistem dan Informatika. Bali. 16 November 2007.

Nugroho, Yohanes. Liem, Inggriani. 2003. Algoritma Dan Pemrograman : Bagian-7 Graph. Makalah IF6181-Bagian-7 Institut Teknologi Bandung.

Saputra, Ragil. 2011. Sistem Informasi Geografis Pencarian Rute Optimum Obyek Wisata Kota Yogyakarta Dengan Algoritma Floyd-Warshall. Program Studi Teknik Informatika FMIPA UNDIP. Jurnal Matematika Vol. 4, No. 1, Aprill 2011 : 19-24.

Aplikasi Pencarian Rute Optimal Menggunakan Metode Transitive Closure. 2008. Proceeding, Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT 2008). Auditorium Universitas Gunadarma, Depok, 20-21 Agustus 2008.

Diaz Novandi, Aprian. 2007. Perbandingan Algoritma Dijkstra dan Algoritma Floyd-Warshall dalam Penentuan Lintasan Terpendek (Single Pair Shortest Path). Makalah IF2251 Strategi Algoritmik Tahun 2007, Bandung.

Budiarsyah , Dibi Khairurrazi . 2010. Algoritma Djikstra, Bellman-Ford, Dan Floyd-Warshall Untuk Mencari Rute Terpendek Dari Suatu Graf. Makalah Strukdis 2010 , Bandung.

Kamayudi, Apri. 2006. Studi dan Implementasi Algoritma Djikstra, Bellman-Ford dan Floyd-Warshall dalam menangani masalah lintasan terpendek dalam Graf. Program Studi Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung.

Ajeng F.S., Tari T., Eka D. 2013. Algoritma Floyd Warshall Untuk Menentukan Jalur Terpendek Evakuasi Tsunami di Kelurahan Sanur. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Udayana. E-Jurnal Matematika Vol. 2, No. 1, Januari 2013, 1-5

Alain Abran, et.al., Guide to the Software Engineering Body of Knowledge: 2004 Version, IEEE Computer Society Press, 2004

Ian Sommerville, Software Engineering, 9th edition, Addison- Wesley, 2010

Roger S Pressman, Software Engineering: A Practitioner's Approach, 7th edition, McGraw-Hill, 2009

Suharto, Toto, “Rekayasa Perangkat Lunak Template Dokumen & Contoh Dokumentasi”, ITB, Bandung, 2002

Budi Santosa, “Data Mining: Teknik Pemanfaatan Data Untuk Keperluan Bisnis”, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2007.

Jogiyanto. Analisa dan Desain Sistem. Yogyakarta: ANDI, 2005


Refbacks

  • There are currently no refbacks.