ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNA DENGAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA MOBILE PUSAT LAYANAN INTERNET KECAMATAN (MPLIK) DI KABUPATEN TAPANULI SELATAN

Medhian Ahmadi Putra, Wing Wahyu Winarno, Bimo Sunarfri Hantono

Abstract


Mobile Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) merupakan salah satu program Universal Service Obligation (USO) / Kewajiban Pelayanan Universal (KPU) yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang dimaksudkan untuk mendorong percepatan akses internet bagi masyarakat pedesaan, daerah terpencil dan daerah yang belum terkoneksi jaringan komunikasi. Di beberapa daerah program MPLIK mengalami banyak kendala dan persoalan sehingga keberadaan dan keberlangsungan program ini tidak berjalan seperti rencana. Pengetahuan tingkat penerimaan masyarakat tentang MPLIK merupakan salah satu faktor penting dalam keberlangsungan program MPLIK. Karena apabila masyarakat tidak dapat menerima keberadaan MPLIK maka program ini akan sia-sia dan hanya menambah beban biaya bagi pemerintah. Penelitian ini membahas tentang analisis penerimaan MPLIK oleh masyarakat di Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan bagian dari Technologi Acceptance Model (TAM) yang dikombinasikan dengan perceived enjoyment yang dikembangkan Al-Gahtani. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan teknik pemodelan Part Least Square (PLS). Data dikumpulkan melalui survei dengan kuesioner yang disebarkan ke 62 pengguna MPLIK di Kabupaten Tapanuli Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Attitude Toward Using secara signifikan dipengaruhi oleh Perceived Ease Of Use. Disamping itu, hasil penelitian juga membuktikan bahwa Attitude Toward Using berpengaruh signifikan terhadap penerimaan MPLIK


Full Text:

PDF

References


D. P. dan Telekomunikasi, “Statistik Bidang Pos dan Telekomunikasi Tahun 2009,” 2009.

A. N. Abrar, I. Widiyastuti, E. Poentarie, N. Zaini, Budiyono, D. Nupikso, M. A. Harimurti, and P. Rianto, Bunga Rampai Hasil Penelitian dan Pengkajian Implementasi Program USO: Antara Idealisasi dan Realisasi, 1st ed. Yogyakarta: Tiara Wacana Lokus, 2013.

Menteri Kominfo, “PERATURAN MENTERI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 19/PER/M.KOMINFO/12/ 2010 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN MENTERI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA NOMOR: 48/PER/M.KOMINFO/11/2009,” no. 733. 2010.

A. Indrayanto, “Dunia Digital yang Tak Tepat Sasaran,” halloriau.com, 2014. [Online]. Available: http://www.halloriau.com/read-teknologi-51464- 2014-08-24-dunia-digital-yang-tak-tepat-sasaran- .html. [Accessed: 19-Nov-2014].

Dicko, “Mobil MPLIK Pelayanan Masyarakat di Biarkan Mangkrak | Bromo FM 92,3 MHz,” Website Resmi Radio LPPL Probolinggo, 2013. [Online]. Available: http://www.bromofm923.probolinggokab.go.id/2013/ 10/mobil-mplik-pelayanan-masyarakat-di_30.html. [Accessed: 19-Nov-2014].

F. D. Davis, “Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology,” MIS Q., vol. 13, p. 139, 1989.

S. S. Al-Gahtani and M. King, “Attitudes , satisfaction and usage : factors contributing to each in the acceptance of information technology,” Behav. Inf. Technol., vol. 18, no. 4, pp. 277–297, 1999.

Mujiyati, “Peran Perceived Enjoyment Dalam Memotivasi Pemakaian Internet,” Universitas Gadjah Mada, 2005.

P. . Prof. H. Imam Ghozali, M.Com., C.A., Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square PLS, 4th ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.