PERANCANGAN SISTEM PELAYANAN KESEHATAN PRIMA PUSKESMAS TERPADU PADA DINAS KESEHATAN KABUPATEN KEDIRI

Fatkur Rohman, Irfan Fauzi, Ahmad Bagus Setiawan

Abstract


Kebutuhan akan Sistem informasi puskesmas untuk masa ini sangat penting, yaitu untuk memenuhi sebuah standart pelayanan kesehatan prima, dengan memberikan informasi tentang kesehatan masyarakat di tingkat PUSKESMAS mulai dari data orang sakit, ketersediaan obat sampai data penyuluhan kesehatan masyarakat. Sistem ini dibuat secara terintegrasi sehingga waktu yang digunakan untuk memproses data lebih cepat, mengurangi pemakaian kertas, meminimalkan pekerjaan yang dilakukan berulangulang. Banyak yang sudah di generate oleh sistem, dan membantu sekali dalam pengambilan keputusan. meningkatkan status kesehatan khususnya bagi masyarakat kurang mampu, dengan cara meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan, kualitas pelayanan dan penggunaan fasilitas pelayanan.


Full Text:

PDF

References


Raymond McLeod, Jr, Schell, George, 2004, Sistem Informasi Manajemen, 8th ed, diterjemahkan oleh Hendra Teguh, S.E.Ak. PT. Indeks, Jakarta.

Siregar, Kemal N, Sistem Informasi Kesehatan bagi Adm Kesehatan Kerja, Majalah Kesehatan Masyarakat Indonesia Tahun XV No. 1, FKM UI, Jakarta, 1984.

Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Graha Ilmu. Yogyakarta..

KepMenKes RI no. 269/MENKES/PER/III/2008. Rekam Medis. Jakarta: DepKes RI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.