PENERAPAN METODE PROFILE MATCHING UNTUK APLIKASI MULTI CRITERIA DECISION MAKING

Ripto Mukti Wibowo, Adhistya Erna Permanasari, Indriana Hidayah

Abstract


Untuk meningkatan kemajuan perusahaan,, perusahaan memberikan reward kepada karyawan. Hal yang dicermati yaitu bagaimana cara untuk menentukan multiatribut atau kriteria yang tepat dalam memberikan penilaian terhadap karyawan terbaik. Multi-criteria decision making (MCDM) merupakan teknik pengambilan keputusan yang mengandung unsur attribute, obyektif, dan tujuan. Penentuan atribut penilaian yang tepat dan diimpelementasikan dalam sistem pendukung keputusan(SPK) mencegah kecurangan dalam penilaian kandidat terbaik agar proses penilaian berjalan tanpa subjektivitas dengan tetap menggunakan objektivitas kualitas kinerja karyawan. Salah satu metode MCDM adalah metode Profile Matching. Dimana metode ini merupakan salah satu metode dalam memecahkan permasalahan yang memberikan perangkingan kepada kandidat terbaik dari kriteria - kriteria yang telah dipetakan. Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasikan Metode Profile Matching untuk merancang aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Multi kriteria pada kasus yang sebenarnya yakni Pemilihan Marketing Officer di lingkungan Bank Rakyat Indonesia. Sebelum menggunakan metode profile matching pada kasus marketing officer penulis ingin mengimplementasikan metode profile matching pada kasus lain yang mirip yakni perancangan aplikasi MCDM pemilihan guru berprestasi sehingga nantinya dapat ditarik kesimpulan dapat diterapkan pada penelitian tesis penulis pada kasus Bank BRI.


Full Text:

PDF

References


Kusrini, M. Awaluddin, “Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Karyawan Untuk Promosi Jabatan.”

R. E. Stok dan R. Yustina, “Penerapan Multi-Criteria Decision Making Dalam Pengambil Keputusan Sistem Perawatan,” pp. 1–12, 2000.

A. Handojo, D. H. Setiabudi, A. Fakultas, T. Industri, J. T. Informatika, dan R. Yunita “Pembuatan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Proses Kenaikan Jabatan Dan Perencanaan Karir Pada PT. X,” vol. 4, no. 2, pp. 98–106, 2003.

A. H. Kridalaksana and A. R. Hakim, “Sistem Pendukung Keputusan Sertifikasi Badan Usaha Pelaksana Jasa Konstruksi Pada BPD GAPENSI Kaltim,” vol. 5, no. 1, pp. 1–9, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.