APLIKASI LAUNDRY ‘BETAWI’ BERBASIS CLOUD MENGGUNAKAN TOOLS KNACK

Yuli Karyanti, Yulia Chalri, Anita Puspita Sari

Abstract


Banyak kalangan bisnis yang saat ini mulai menggunakan teknologi internet sebagai pengelola data. Kemudahan seperti mobilitas, efektifitas, skalabilitas, efesiensi ruang dan waktu, menjadi daya jual utama teknologi ini. Cloud computing merupakan gabungan teknologi internet dan komputer yang dapat digunakan tanpa proses instalasi. Salah satu contoh penerapannya adalah cloud storage, yang merupakan sebuah media penyimpanan berbasis internet atau cloud, semua data disimpan di server cloud, sehingga tidak akan membebani memori komputer pengguna. Melihat kemudahan yang ditawarkan, Betawi Laundry, sebuah usaha jasa laundry, tertarik untuk memanfaatkan teknologi ini khususnya dalam hal penyimpanan data. Karena itu, penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan sebuah aplikasi penyimpanan berbasis cloud, yang diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan yang terjadi di Betawi Laundry.

Dari hasil penelitian ini didapatkan hasil 80% pengguna aplikasi merasa puas pada aplikasi yang dikembangkan dan 20% merasa sangat puas. Adapun penelitian dimulai dengan melakukan diskusi mengenai spesifikasi pengguna dan spesifikasi sistem awal. Dilanjutkan dengan menganalisis masalah yang menjadi latar belakang pengembangan aplikasi ini. Lalu merancang alur dengan struktur navigasi dan membuat rancangan database. Dan yang pada akhirnya dilakukan pengembangan aplikasi menggunakan tools Knack sesuai rancangan yang dibuat dan menguji coba aplikasi, untuk mengetahui kesesuaian dengan tujuan yang diharapkan..


Full Text:

PDF

References


Assagaf, Naufal, Layanan Cloud Storage. Cloud Indonesia. http://www.cloudindonesia.or.id/layanancloud- storage.html (tanggal akses: 14 September 2014)

Wikipedia, “Cloud Storage”. http://en.wikipedia. org/wiki /Cloud_storage (Tanggal Akses : 14 September 2014).

Samsu Wardana, Radika, Achmad Basuki, Eko Sakti Pramukantoro, Analisis dan Implementasi Distributed Cloud Strorage Server dangan Jaringan Peer-to-Peer, Fakultas Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya, Malang, 2014,

AlZain, Mohammed., Eric Pardede., Ben Soh., and James A. Thom, Cloud Computing Security: From Single to Multi-Clouds. 45th Hawaii International Conference on System Sciences, 2012,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.