KAJIAN PENERIMAAN TEKNOLOGI CLOUD COMPUTING GOOGLE DRIVE DALAM SISTEM PEMBELAJARAN SISWA TINGKAT SMK

Ana Rusmardiana, Dwi Yulistyanti, Fitriana Destiawati

Abstract


Salah satu teknologi baru yang mengalami perkembangan pesat teknologi komputasi awan (cloud storage). SMK di Jakarta adalah sebuah sekolah kejuruan yang mempromosikan pengembangan dan penggunaan teknologi informasi untuk kegiatan belajar mengajar siswa. Oleh karena itu, sekolah merasa perlu untuk memperkenalkan media penyimpanan dan berbagi data pada siswa bahwa tidak ada hambatan untuk penyelesaian tugas, yaitu aplikasi Google Drive. Model yang digunakan dari Technology Acceptance Model (TAM) untuk menyertakan dua variabel eksternal, yaitu CSE dan TT dan 4 variabel menerima adalah PEOU, PU, ATT dan IU untuk mengetahui aplikasi Google Drive penerimaan teknologi. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi atau moderasi di antara jenis kelamin / seks dan Status Sekolah. Pengambilan sampel menggunakan kuesioner dengan 180 responden di 20 SMK di jakarta. Metode pengolahan data menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan AMOS 18.0 software.


Full Text:

PDF

References


Anonim. (2011). “Cross Platform, Telecomuters & One Stop Solutions” Cloud Computing [http://paperfold.wordpress.com/2011/04/06/clou d-computing/] (Akses 3 april 2014)

Anonim. (2012). Layanan Cloud Storage [http://www.cloudindonesia.or.id/layanan-cloudstorage. html] (Akses 2 mei 2014)

Anonim. (2012). Pengertian Google Drive [http://id.wikipedia.org/wiki/GoogleDrive] (Akses 2 Juni 2014)

Fatonah, N.S. (2012). Kajian Efektivitas ELearning Dalam Mendukung Proses Belajar Mengajar: Studi Kasus Universitas Mercubuana. Tesis Magister Komputer Program Pascasarjana Universitas Budi Luhur: Jakarta

Ghozali. (2008). Model Persamaan Struktural: Konsep dan Aplikasi dengan program AMOS 16.0. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J., Rolph E.A., Ronald L.T., Wiliam C.B. (1998). Multivariate Data Analysis with Readings (4th ed.). Englewood, New Jersey: Prentice Hall.

Jogiyanto. (2007), Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi.

Maria, S., dan Widodo, P.P. (2010). ”Kajian Penggunaan Adobe Photoshop Berdasarkan Pendekatan TAM: Studi Kasus Pada SMK Negeri 5 Tangerang”, STMIK Nusa Mandiri, Jakarta.

Mas’at, A dan Moedjiono. (2012). “Strategi penerapan cloud computing pada sistem diseminasi meteorologi, klimatologi, kualitas udara, dan geofisika (MKKUG)”, Universitas Budi Luhur, Jakarta.

McCord. M dan Ratnasingam. P. (2004). “The Impact of Trust on the Technology Acceptance Model in Business to Consumer E–Commerce”, Warrensburg.

Nah, F.F.H., Tan, X, The, S.H. (2004), An Empirical investigation on end-users' acceptance of enterprise system, dalam Information Resources Management Journal Vol.l7, NO.3.

Novita, I. (2011). “Kajian Penerimaan Bahasa Pemrograman Bahasa Pemrograman Berorientasi Objek Berbasis Open Source Dengan Pendekatan TAM (Technology Acceptance Model): Studi Kasus Universitas Budi Luhur”, Universitas Budi Luhur, Jakarta.

Reid, M dan Levy, Y. (2008). “Integrating Trust and Computer Self-Efficacy with TAM: An Empirical Assessment of Customers’ Acceptance of Banking Information

Rogers, M.E. (1986). “Communication Technology- The New Media in Society, The Free Prees, A. Dursion of Macmillin, Inc.”, New York,1986 [http://syopian.net/blog/?p=1088] (Akses 31 Juni 2014

Santoso, S. (2010). Statistik Nonprametrik, Konsep, dan Aplikasi dengan SPSS 17. PT. Elex Media Komputindo: Jakarta.

-------------. (2011). Structural Equation Modeling (SEM) Konsep & Aplikasi dengan AMOS 18. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Wahyudi. (1990). Teknologi Informasi dan Produksi Citra Bergerak. Jakarta Gramedia.

Wangpipatwong, S., Chutimaskul,W., dan Papasratorn B., (2008). “Understanding Citizen’s Continuance Intention to Use e-Government Wensite : a Composite View of Technology Acceptance Model and Computer Self-Efficacy”, Thailand.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.