IMPLEMENTASI TEOREMA BAYES DALAM MENENTUKAN VARIETAS TANAMAN KELAPA SAWIT BERDASARKAN KETEBALAN TEMPURUNG DAN DAGING BUAH

Linda Wahyuni, Surya Darma

Abstract


Sistem Pakar merupakan salah satu perangkat lunak (Software) yang digunakan dalam bidang riset ilmu pengetahuan dan teknologi, penerapan dasar ilmu juga dapat digunakan untuk menganalisa suatu fakta penelitian (Research Fact). Pemrograman sistem pakar telah banyak dilakukan mulai dari bidang perindustrian, bidang kesehatan, bidang lalu lintas udara, bidang komunikasi, bidang pertanian, dan sebagainya. Dalam hal ini penulis meneliti dalam bidang pertanian khususnya dalam hal menentukan varietas tanaman kelapa sawit berdasarkan ketebalan tempurung dan daging buah, kasus yang sering terjadi dan dialami oleh pemulia tanaman salah satunya adalah kesulitan menentukan varietas kelapa sawit yang akan dikombinasikan dengan varietas lainnya dengan tujuan menghasilkan varietas baru yang lebih unggul. Terfokus pada kondisi tersebut penulis membuat aplikasi sistem pakar menentukan varietas kelapa sawit berdasarkan ketebalan tempurung dan daging buah dengan metode Teorema Bayes yang diharapkan sebagai solusi alternative bagi pemulia tanaman dalam menentukan varietas kelapa sawit berdasarkan ketebalan tempurung dan daging buah. Dengan dilakukannya pengujian terhadap sistem yang dibangun menghasilkan tingkat keakuratan mencapai 84.333% yang sebelumnya telah dilakukan pengujian sebanyak 10 kali uji coba.


Full Text:

PDF

References


Arhami Muhammad, “Konsep Dasar Sistem Pakar”, Andi Offset,, Yogyakarta 2005

Fauzi Yan, dkk, “Kelapa Sawit”, Penebar Swadaya, Jakarta, 2002.

Khair Ummul, Aditya Perdana, “Aplikasi Sistem Pakar Pada Penggalian Potensi Tanaman Kelapa Sawit Berbasis Mobile Android”, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SNASTIKOM 2013)

Lubis Rustam Effendi, Agus Widanarko, SP. “Buku Pintar Kelapa Sawit”, PT. Agro Media Pustaka, 2011.

Rahayu Sri, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Gagal Ginjal Dengan Menggunakan Metode Bayes”, Pelita Informatika Budi Darma, Vol. VI, No. 3, Agustus 2013.

Sutojo, T,. dkk, “Kecerdasan Buatan”, Andi Offset, Yogyakarta, 2011.

Wahyuni Linda, Surya Darma, “Penerapan Metode Certainty Factor Pada Sistem Pakar Menentukan Jenis Tanaman Pangan Sesuai Corak Kondisi Tanah”, Prosiding KNS&I 2014 STMIK STIKOM Bali.

Wahyuni Linda, Surya Darma, “Sistem Pakar Mengidentifikasi Gejala Defisiensi Unsur Hara Pada Tanaman Kelapa Sawit”, Prosiding SNIf 2014, Universitas Potensi Utama, Medan-Sumatera Utara.

Wahyudi Muhammad Johan, Abdul Fadlil, “Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Penyakit Udang Galah Dengan Metode Theorema Bayes”, Jurnal Sarjana Teknik Informatika Vol. 1 No. 1, Juni 2013.

Winarti Sri, “Pemanfaat Teorema Bayes Dalam Penentuan Penyakit THT”, Jurnal Informatika Vol 2, No. 2 Juli 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.