PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FILM KARTUN PADA PENGENALAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER

Maya Marselia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana membangun film kartun sebagai media pembelajaran agar dapat memberikan kemudahan dalam penyampaian bahan ajar serta memberikan kemudahan dalam belajar siswa dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran film animasi kartun yang dikembangkan sebagai media penyampaian materi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah R&D (Research and Development) dan metode yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah metode waterfall. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen studi lapangan, intrumen validasi ahli dan instrumen penilaian siswa terhadap multimedia dengan alat pengumpulan data berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan dari hasil penilaian yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi, dilihat dari skala secara kuantum multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan ini berada pada posisi diantara cukup baik dan sangat baik lebih mendekati sangat baik sedangkan hasil dari uji coba di lapangan ternyata pengguna memberikan nilai yang baik. Begitu juga jika diukur dengan menggunakan angket tanggapan siswa terhadap multimedia yang sebagian besar siswa menilai baik terhadap multimedia pembelajaran ini.


Full Text:

PDF

References


Borg, WR & Gell, MD. Educational Reasearch and Introduction. New York: Longman Inc, 1979.

Daryanto. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa,2011. [3] Ranang, A. S., Basnendar, H., Asmoro, N. P. Animasi Kartun Dari Analog Sampai Digital. Jakarta: PT INDEKS, 2010.

Sogiyono. Metode Peneltian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2012.

Somemerville, Ian. Software Engineering Jilid 1. Jakarta: Erlangga,2003.

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurtekpen FIP UPI, 2009.

Wahono, Romi Satrio. Aspek dan Kriteria Penilaian Media Pembelajaran, 2006. (Online).Tersedia: http://romisatriawahono.net/2006/06/21/aspekdan- kriteria-penilaian-media-pembelajaran/ [2 Mei 2012].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.