PENGEMBANGAN ELECTRONIC MALL SEBAGAI SARANA BAGI CUSTOMER DAN MERCHANT UNTUK BERTRANSAKSI

GAT GAT

Abstract


  Pemanfaatan internet merupakan salah satu strategi bagi perusahaan terutama yang bergerak dibidang penjualan dalam melayani para konsumennya dengan harapan dapat memperluas jangkauan penjualan. Bagi para konsumen adanya perusahaan yang memasarkan barangnya pada media internet sangat membantu dalam mendapatkan informasi barang. Perkembangan sebuah pusat perbelanjaan memberikan dampak seperti menyebabkan masyarakat semakin gemar berbelanja dan menjadikan berbelanja sebagai gaya hidup. Meskipun masyarakat sibuk dengan pekerjaannya, mereka tetap akan meluangkan waktu untuk berbelanja, sehingga sering kali pekerjaan menjadi tidak terurus bahkan terkadang keluarga juga ikut terabaikan. Dengan padatnya rutinitas kehidupan, maka akan muncul kendala waktu yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dalam hal berbelanja.  Penggunaan e-mall merupakan salah satu sarana yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang didukung perkembangan teknologi yang semakin maju, lingkungan bermasyarakat yang semakin modern serta tuntutan masyarakat terhadap kemudahan dan efisiensi dalam pemenuhan kebutuhan mereka yang semakin tinggi. Bentuk penelitian berbentuk studi kasus dengan variabel tunggal yaitu pengembangan electronic mall berbasis web sebagai sarana bagi customer dan merchant untuk bertransaksi. metode perancangan menggunakan RAD (Rapid Application Development) yang merupakan sebuah strategi pengembangan sistem yang menekankan kecepatan melalui keterlibatan user.  Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem Electronic Mall (E-Mall) yang memberikan manfaat bagi para konsumen yang ingin mendapatkan informasi produk dan berbelanja layaknya sebuah mall pada dunia nyata. Untuk mendapatkan barang, konsumen tinggal memilih barang dan memesannya dengan cara memasukkan ke dalam keranjang belanja. Pemilik toko dapat memasarkan produk mereka dengan menjadi member terlebih dahulu dan melayani konsumen yang memesan barang. Metode pembayaran yang dapat konsumen pilih adalah dengan menggunakan transfer bank, paypal dan kartu kredit.


Full Text:

PDF

References


Asfoura, Evan, et al. "E-mall as solution for marketing the federated ERP components on the basis of web services." International Review of Business Research Papers 5.4 (2009): 478-490.

Hanafizadeh, Payam, and Mohsen Shafiei Nikabadi. "Framework for selecting an appropriate e-business model in managerial holding companies: Case study: Iran Khodro." Journal of Enterprise Information Management 24.3 (2011): 237-267.

Bahaddad, Adel Aboud, Luke Houghton, and Steve Drew. "Attracting Customer in Saudi Arabia to Buy from Your Business Online." International Journal of Business and Management 8.7 (2013): p65.

Timmers, Paul. "Business models for electronic markets." Electronic markets 8.2 (1998): 3-8.

Bahaddad, Adel A., Rayed AlGhamdi, and Luke Houghton. "To What Extent Would E-mall Enable SMEs to Adopt E-Commerce?." arXiv preprint arXiv:1211.2402 (2012).

Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2010). E-commerce: business, technology, society (6th ed.). Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall

Rappa,M. (2003), Managing the Digital Enterprise: Business models on the Web. available at http://digitalenterprise.org/models/models.html (retrieved 27 Nopember 2014)

Whitten, J. L., Bentley, L. D., and Dittman, K. C. (2004). Systems Analysis and Design Methods: Sixth Edition. McGraw-Hill Irwin

Khan, Asif Irshad, Rizwan Jameel Qurashi, and Usman Ali Khan. A comprehensive study of commonly practiced heavy and light weight software methodologies. arXiv preprint arXiv:1111.3001 (2011).

Dacuycuy-Pacio, Rochelle. Online Student Information System of Benguet State University (OSIS-BSU), Philippines.

Cooper, R., & Michael, K. (2005). The structure and components of E-mall business models. Faculty of Informatics-Papers, 378.

Turban, E., King, D., Lee, J., Warkentin, M, dan Chung, H.M. (2002). Electronic Commerce :A managerial perspective, Penerbit Pearson Prentice Hall, 2004

Turner, C., (2000). The Information Economy. Kogan Page Limited. London, 52, 73-83.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.