PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI SISTEM KEAMANAN RUANGAN DENGAN PENDETEKSI GERAKAN BERBASIS WEBCAM DENGAN METODE MATRIKS

Dani Rohpandi, Nono Sudarsono, Dadan Misbah

Abstract


Perkembangan teknologi yang semakin lama semakin maju, dimana teknologi komputer menjadi salah satu pilihan yang utama dalam menciptakan fasilitas handal yang dapat membantu kinerja manusia hampir di semua bidang, mulai dari bidang pendidikan, bidang keamanan, bidang komunikasi, bidang industri dan sebagainya. Dimana dalam hal ini teknologi komputer digunakan sebagai teknologi pendukung dalam bidang keamanan khususnya dalam proses pengawasan yang di tunjang dengan teknologi webcam mengingat tingkat kriminalitas sampai saat ini, semakin lama semakin meninggkat. Tujuan penelitian ini adalah (1) ingin mengetahui seberapa jauh terapan teknologi informasi dan komputer dalam bidang keamanan dan pengawasan di dalam ruangan. (2) ingin mengetahui bagaimana cara untuk meminimalisir tindakan kriminalitas yang lebih efektif dan efisien. Metode yang digunakan adalah Metode Matriks dan metode perancangan program aplikasi ini adalah Metode SDLC (Software Development Life Cycle). Hasil penelitin ini menunjukan bahwa (1) dengan dibuatnya program aplikasi ini dapat membantu meminimalisir tingkat kriminalitas yang terjadi khusunnya di dalam ruangan dan memberikan keefektifan dan keefisienan bagi pihak keamanan. (2) program yang dibuat dengan Borland Delphi 7.0, memberikan kemudahan dan memiliki harga yang cukup ekonomis khusunya dalam hal penggunaannya.


Full Text:

PDF

References


Ari Sutrisna Permana, Deteksi Gerakan Berbasis Webcam Secara Real Time Dengan Pengolahan Citra, Bandung, 2009.

Aswan, Introduction To Digital Image Processing. Bandung, 2012.

Max R Kumaseh, Luther Latumakulita, Nelson Nainggolan,, Segmentasi Citra Digital Ikan Menggunakan Metode Thresholding. Vol.13. No.1, 2013.

Darma Putra, Pengolahan Citra Digital. Edisi 1, Yogyakarata : CV Andi, 2010. [

Suryana (2010), Metodologi Penelitian Praktek Metode Praktek Penelitian Kuantitatif dan kualitatif. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Hasan Nendar S Sairun, Implementasi Deteksi Gerak Menggunakan Teknik Aewa Selection Pada Sistem Pengawasa Ruangan Berbasis Kamera, Universitas Komputer Indonesia, 2014.

Janner Simarmata, Rekayasa Perangkat lunak, Yogyakarta : CV Andi, 2010.

Salahuddin M, A.S Rosa, Modul Pembelajaran Algoritma & Pemrograman, Bandung : Modula, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.