PENGARUH KEPERCAYAAN MASYARAKAT JAWA TIMUR TERHADAP TINGKAT PENERIMAAN LAYANAN PAJAK ONLINE e-SAMSAT JATIM

Dimas Mahendra Kusuma, Wing Wahyu Winarno, Dani Adhipta

Abstract


e-SAMSAT Jatim adalah layanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) online, yang diterapkan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur. Berbagai manfaat dan kemudahan yang dimiliki e-SAMSAT Jatim, akan tetapi masih minimnya penggunaan e-SAMSAT Jatim. Dengan menggunakan penggabungan metode TAM dan TPB, serta penambahan variabel Trust (kepercayaan) dan Computer Self-efficacy (kemampuan berkomputer) sebagai dasar teoritis. Penelitian akan dilakukan pada masyarakat Jatim yang pernah menggunakan layanan e-SAMSAT, untuk mengetahui apakah dengan faktor kepercayaan dapat mempengaruhi masyarakat dalam menggunakan e-SAMSAT Jatim. Dengan memperhatikan faktor dorongan dari pemerintah daerah, dorongan pihak lain sesama pengguna, dan dukungan yang dapat dipengaruhi oleh faktor Trust. Ditemukan suatu model hipotesis yang secara umum dapat memberikan gambaran masyarakat Jatim yang menggunakan layanan e-SAMSAT Jatim.


Full Text:

PDF

References


E. S. Holle, “Pelayanan Publik Melalui Electronic Government Upaya Meminimalisir Praktek Maladministrasi Dalam Meningkatan Public Service Oleh?: Erick S. Holle,” vol. 17, no. 3, pp. 21–30, 2011.

"bankjatim.co.id" melalui website “http://www.bankjatim.co.id/id/konvensional/produklayanan/ layanan/e-samsat-jatim” diakses pada tanggal 26 juni 2014

“Mandiri Kanwil VIII Surabaya Pacu Layanan e-Samsat” from http://finansial.bisnis.com/read/20111018/90/50208/mandirikanwil- viii-surabaya-pacu-layanan-e-samsat diakses pada tanggal 26 juni 2014

website e-SAMSAT Jatim from "http://www.esamsatjatim.com"

“Masyarakat Telah Sadar Membayar Pajak Kendaraan” Berita Rapat Evaluasi dan Koordinasi Tim Pimbina Samsat Provinsi Jawa Timur Semester II Tahun Anggaran 2013 di Hotel Meritus Surabaya, (11/11/2013) from http://www.dipendajatim.go.id/post?id=451&uptd=dinas diakses pada tanggal 26 Juni 2014

Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur, Data Obyek PKB Jawa Timur 2014 (Januari 2014 – Oktober 2014).

Endang. R., 2014, Wawancara “e-Samsat Jatim” di kantor UPTD Surabaya Selatan.

F. D. Davis, “Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology,” Manag. Inf. Syst. Q., vol. 13, no. 3, pp. 319–340, 2008.

Gefen, D., Karahanna, E., Straub, D., 2003a. Trust and TAM in online shopping: an integrated model. MIS Quarterly 27 (1), 51– 90.

M. Y. Yi and Y. Hwang, “Predicting The Use of Web-based Information Systems: Self-efficacy, Enjoyment, Learning Goal Orientation, and The Technology Acceptance Model,” Int. J. Hum. Comput. Stud., vol. 59, no. 4, pp. 431–449, Oct. 2003.

Fishbein, M., Ajzen, I., 1975. Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research. Addison- Wesley, Reading, MA.

Ajzen, I., 1991. The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Process 50, 179–211.

Ing-long Wu, Jian-Liang Chen. An extension ofTrust and TAM model with TPB in the initial adoption ofon-line tax: An empirical study. March 22, 2005.

Venkatesh, V., Davis, F.D., 1996. A model ofthe antecedents of perceived ease ofuse: development and test. Decision Sciences 27 (3), 451–481.

Venkatesh, V., Davis, F.D., 2000. A theoretical extension ofthe technology acceptance model: four longitudinal field studies. Management Science 46 (2), 186–204.

Bhattacherjee, A., 2000. Acceptance ofe-commerce services: the case of electronic brokerages. IEEE Transactions on System, Man, and Cybernetics—Part A: Systems and Humans 20 (4), 411–420.

Taylor, S., Todd, P.A., 1995. Understanding information technology usage: a test of competing models. Information System Research 6 (2), 144–176.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.