PERENCANAAN BASIS DATA SISTEM INFORMASI PENJADWALAN SEKOLAH

Ikmah Ikmah

Abstract


  Penjadwalan menunjukkan apa yang harus dilakukan, kapan, oleh siapa dan peralatan apa yang harus digunakan. Penjadwalan yang baik akan memberikan dampak positif, yaitu rendahnya biaya operasi dan waktu pembuatan penjadwalan, yang akhirnya dapat meningkatkan kepuasan bagi anggota dalam organisasi.  Kenyatannya sampai saat ini masih banyak sekolah yang menggunakan proses penjadwalan secara manual. Untuk itu perlu adanya media pengolah dan penyimpanan data yang baik untuk dapat menghasilkan penjadwalan secara lebih cepat dan akurat. Penggunaan basis data akan memudahkan pihak sekolah dalam mengolah data menjadi penjadwalan yang berkualitas.  Penulis akan membahas perancangan basis data pada sistem informasi penjadwalan sekolah secara rinci untuk dapat membantu sekolah dalam melakukan proses penjadwalan.Peneliti berharap dengan adanya perancangan basis data penjadwalan sekolah ini dapat dikembangkan menjadi sebuah sistem aplikasi yang dapat mempermudah proses penjadwalan sekolah.   


Full Text:

PDF

References


Herjanto, Eddy. Manajemen Operasi : Edisi Ketiga. Penerbit PT

H.Muhamad.2009. “Aplikasi Pengolahan Data Penjadwalan Mengajar SMK Muhammadiyah Palembang Menggunakan Program Borland Delphi 7.0”. In Skripsi. STMIK Palcom Tech Palembang

Ikmah, 2014. “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjadwalan Guru Di SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo,” In Skripsi. STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Kusrini, 2006. Strategi Perancangan dan Pengelolaan Basis Data. Yogyakarta. Penerbit ANDI.

Raharjo, Suwanto. “Constraint Basis Data Sebagai Fondasi Yang Kuat Dalam Pengembangan Sistem Informasi,” in Proc. Semnas Aplikasi Sains & Teknologi(SNAT) Periode III Yogyakarta, pp 6- 1., November, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.