PEMANFAATAN MODEL PROFILE MATCHING UNTUK PENENTUAN MUSTAHIK

Rina Fiati

Abstract


Istilah zakat dikenal dengan nama mustahik(orang yang berhak menerima zakat). Tujuan daripenelitian ini adalah mengembangkan model sistempengambilan keputusan menggunakan metode profilematching untuk membantu dalam mengambil keputusandalam menentukan mustahik (penerima zakat). Metodeprofile matching secara garis besar membandingkanantara kompetensi individu kedalam kompetensipenerima zakat atau mustahik, sehingga dapat diketahuiperbedaan kelayakannya, istilah ini sering disebut gap.Semakin kecil gap Nol (0) maka bobot nilainya semakinbesar lima (5), artinya semakin besar peluang seorangpenerima zakat menjadi mustahik yang benar dan layakmendapatkan zakat.Hasil yang diperoleh adalah sebuah sistemyang dapat membantu p enga mb ilan keputusanorang yang berhak menjadi mustahik, yangdiimplementasikan dengan tiga (3) kriteria yaitu aspekkeadaan rumah, aspek kepemilikan harta, aspekkeluarga. Hal ini dimaksudkan untuk mengefektifkandan mengefisienkan penyaluran dana zakat sertamembantu penyaluran yang lebih tepat sasaran.


Full Text:

PDF

References


Abu Syauki,20013, Badan Amal Rumah Zakat

Fiati, Latifah, 2013,Pemanfaatan Fuzzy MADMsebagai model keputusan penentuan desa mandiri

Powers, D.M.W. 2011. “Evaluation: fromprecision, recall and f-measure to ROC,informedness,markedness & correlation”. Journalof Machine Learning Technologies.ISSN: 2229-3981 & ISSN: 2229-399X, Volume 2, Issue 1,2011, pp-37-63

Fiati, R., Zahro.,2010, SPK Penentuan KelayakanSekolah Berstandar Internasional

Turban, E., and Aronson, J.E., 2007, DecissionSupport System and Intelligent System, 6thEdition, Prentice Hall, Inc., New Jersey.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.