ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PEMANFAATAN INTERNET OLEH MAHASISWA DI UII YOGYAKARTA

Muhammad Zaim, Eko Nugroho, Dani Adhipta

Abstract


Beraneka ragamnya kebutuhan akan internet telah menimbulkan beberapa motif tertentu dalam diri mahasiswa, khususnya dalam motif pemanfaatan internet dikalangan mahasiswa UII. Beberapa motif atau faktor tersebut adalah:1. Hiburan yang didefinisikan sebagai mahasiswa mengakses situs video, game online, musik dan film, 2.Media informasi berita yang didefinisikan sebagai mahasiswa mengakses situs informasi terkini yaitu media informasi berita, seperti kompas, detik, krjogja atau yang semisal, 3. Akses referensi jurnal didefinisikan sebagai mahasiswa mengakses referensi berbentuk jurnal, seperti scopus, IEEE, atau yang lainnya, 4. Akses referensi non Journal didefinisikan sebagai mahasiswa mengacu pada referensi selain jurnal, 5. Media komunikasi didefinisikan sebagai mahasiswa mengakses internet untuk keperluan komikasi, seperti facebook, e-mail atau yang sejenis, 6. E-commerce, didefinisikan sebagai mahasiswa memanfaatkan internet yang ada di kampus digunakan dalam mencari, membeli, dan menjual barang melalui situs jual-beli online, 7. Informasi beasiswa didefinisikan sebagai mahasiswa menggunakan internet di kampus digunakan untuk keperluan mencari beasiswa, 8. Informasi lowongan kerja, didefinisikan sebagai mahasiswa menggunakan internet untuk keperluan mencari pekerjaan. Dalam proses analisis data tersebut menggunakan SEM-PLS.

Full Text:

PDF

References


I. Indonesia, “Internet indonesia,” 2012.

A. N. Qomariyah, “Perilaku Penggunaan Internet pada Kalangan Remaja di Perkotaan,” 2008.

A. W. Kurniawan, “Internet : Faktor dan Perkembangannya,” pp. 1–6, 2007.

I.-S. UII, “Bentuk Layanan yang diberikan UII Kepada Mahasiswa,” no. September, p. 2014, 2014.

S. I. Dan, “Sistem informasi dan organisasi publik.”

B. UII, Dokumen akses internet. .

Rustiana, “COMPUTER SELF EFFICACY ( CSE ) MAHASISWA AKUNTANSI DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI : TINJAUAN PERSPEKTIF GENDER,” no. 2003, pp. 29–39.

H. Noviyarto, “Pengaruh Perilaku Konsumen Mobile Internet Terhadap Keputusan Pembelian Paket Layanan Data Unlimited Internet CDMA di DKI Jakarta,” vol. 1, no. 2, pp. 107–129, 2010.

C. Juditha, “HUBUNGAN PENGGUNAAN SITUS DI KOTA MAKASSAR THE RELATIONSHIP BETWEEN THE USE OF FACEBOOK AND TEENEGERS ’ BEHAVIOR IN MAKASSAR,” Penelit. IPTEK-KOM, vol. 13, no. 1, 2011.

S. Dewi and Y. Ningtyas, “Journal of Social and Industrial Psychology CONTROL ADDICTION,” vol. 1, no. 1, pp. 28–33, 2012.

E. Nugroho, “Design Situs Yang reader Friendly.” Andi, Yogyakarta, 2009.

I. Novianto, “PERILAKU PENGGUNAAN INTERNET DI KALANGAN MAHASISWA (Studi deskriptif tentang perilaku penggunaan internet dikalangan mahasiswa perguruan tinggi negeri (FISIP UNAIR) dengan perguruan tinggi swasta (FISIP UPN) untuk memenuhi kebutuhan informasinya),” pp. 1–40, 2013.

I. Novianto, “PERILAKU PENGGUNAAN INTERNET DI KALANGAN MAHASISWA (Studi deskriptif tentang perilaku penggunaan internet dikalangan mahasiswa perguruan tinggi negeri (FISIP UNAIR) dengan perguruan tinggi swasta (FISIP UPN) untuk memenuhi kebutuhan informasinya),” pp. 1–40, 2013.

D. P. B. Hadiprajitno, “TUGAS , TEKNOLOGI , INDIVIDUAL DAN INTERNET SEBAGAI SARANA PENDUKUNG PENDIDIKAN ( Survei Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro ) Ranny Tanjungsari,” pp. 1–29.

S. N. Baraghani, “MASTER ’ S THESIS Factors Influencing the Adoption of Internet Banking MASTER ’ S THESIS Factors Influencing the Adoption of Internet,” 2008.

F. Zahra and U. Tadulako, “DAN NORMA SUBYEKTIF TERHADAP MINAT MAHASISWA,” pp. 1–29, 2009.

J. A. JAUHARIATUL AKMAL, “PENGGUNAAN FACEBOOK OLEH BADAN BUKAN KERAJAAN ALAM SEKITAR ( ENGO ) DALAM MENYAMPAIKAN MESEJ ALAM FACEBOOK USAGE AMONG ENVIRONMENTAL NON-GOVERNMENTAL ORGANISATION ( ENGO ) FOR DISSEMINATION OF ENVIRONMENTAL,” J. Komun. Malaysian J. Commun., vol. 27, no. 2, pp. 161–182.

Ms. Edwi Arief Sosiawan, SIP, “Kajian Internet Sebagai Media Komunikasi Interpersonal Dan Massa,” pp. 1–23, 1999.

A. K. M. O. Rizka, “Pemanfaatan Jejaring Sosial Facebook di Kalangan Masyarakat Pedesaan di Malaysia,” Kolokium, pp. 1– 27, 2014.

Purwono, “STRATEGI PENELUSURAN INFORMASI MELALUI INTERNET,” no. April 2008, pp. 1–13.

Sulistyo-Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1991, p. 87.

J. Harkness, “Manfaat Internet Bagi Mahasiswa Malang,” 2001.

M. Institut, P. Bogor, and S. Sarita, “Program studi komunikasi dan pengembangan masyarakat fakultas pertanian institut pertanian bogor 2008,” 2008.

Y. Carla, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Fee Audit Dari Segi Client ATTRIBUTE (Studi pada Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Singapura pada tahun 2011-2012) Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu,” 2013.

Prof. Dr. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, 20th ed. Bandung: Alfabeta, 2014, p. 2014.

P. D. dan D. D. R. Mahfud Sholihin, Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 3.0 untuk Hubungan Nonlinear dalam Penelitian Sosial dan Bisnis, Penerbit Andi Yogyakarta. 2013. Yogyakarta: Andi, 2013, p. 2013.

A. Prof. Jogiyanto HM, M.B.A,. Ph.D, Konsep Structural Equation Modeling Berbasis Varian dalam Penelitian Bisnis, Pertama. Yogyakarta, 2011, p. 2011.

R. D. Tobias, “An Introduction to Partial Least Squares Regression Example : tion Spectrometric Calibra-.”

N. Kurnia, “MODEL HUBUNGAN TACIT KNOWLEDGE DAN KINERJA INDIVIDU PADA BALAI RISET DAN STANDARDISASI INDUSTRI,” 2011.

I. M. S. I Gede Nyoman Mindra Jaya, “PEMODELAN PERSAMAAN STRUKTURAL DENGAN PARTIAL LEAST SQUARE,” pp. 118–132, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.