SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN POSISI PEMAIN DALAM STRATEGI FORMASI FUTSAL

Dedi Irawan, Danar Putra P, Risky Aswi R

Abstract


ini. Futsal tidak membutuhkan tempat yang luas seperti sepakbola. Futsal merupakan permainan yang cepat hal ini berbeda dengan sepak bola. Pemilihan pemain oleh pelatih berperan penting untuk menyusun sebuah strategi. Kendala yang masih dialami biasanya dalam proses penyeleksian pemain, masih ada pelatih yang belum bisa menilai pemain secara objektif. Dimana, para pemain memang benar-benar dinilai dari kemampuan mereka sendiri bukan dari penilaian secara subjektif saja. Proses pengambilan keputusan di dalam menentukan peran pemain masih mengandalkan insting pelatih dan ego para pemain itu saja. Selain itu proses manual membutuhakn waktu yang relatif lama dan kecermatan yang lebih dalam pemilihan pemain. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk merancang sebuah aplikasi sistem pengambil keputusan penentuan posisi pemain dan untuk memudahkan pengguna terhadap sistem pengambilan keputusan yang di implementasikan pada klub futsal Marimas FC Kediri. Metode yang digunakan dalam aplikasi ini yaitu dengan Metode Analitycal Hierarcy Process (AHP) untuk menentukan posisi pemain yang tepat dengan kriteria yang sesuai Hasil yang dicapai aplikasi sistem pendukung kepususan ini dapat menyajikan informasi yang mampu menyediakan pilihan bagi para pelatih. Hasil penyajian pilihan pemain diharapkan dapat membantu seorang pelatih merubah cara penilaian pemain dari yang bersifat subyektif menjadi objektif.  


Full Text:

PDF

References


Putra, Dimas P, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Starting Line Up Pada Pertandingan Sepakbola Menggunakan Metode Analytic Network Process”, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maliki, Malang.2012.

Ramadhan, Fajar,” Sistem Pndeukung Keputusan Pemilihan Lima pemain Inti dalam cabang olah raga Futsal menggunakan Metode Simple Additive Weighting”, Teknik Informatika UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.2014.

Kusrini,”Konsep dan Aplikasi Sistem Penunjang Keputusan”, Yogyakarta: Andi Offset.2007.

Turba dkk, ” Decision Support System and Intelligent System”, Yogyakarta: Andi Offset

Saaty, T.L, ” Fundamental Of Decision Making and Priority Theory With The Analytic Hierarchy Process”, RWS publication, University of Pittsburgh.1994

Suryadi, K dan Ramdhani, ” Sistem Pendukung Keputusan”, Bandung: PT. Remaja Rosada Karya.1998.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.