PERMODELAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA CV XYZ YOGYAKARTA

Jimi Asmara, Sigit Prasetyo Karisma Utomo, Praditya Kurniawan

Abstract


Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat menjadi sarana untuk membantu dalam melakukan proses bisnis suatu perusahaan. Salah satu bentuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi adalah penggunaan sistem informasi. CV XYZ Yogyakarta merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan madu. Selain memproduksi dan menjual produk sendiri, perusahaan ini juga menjual produk dari perusahaan lain. Peningkatan jumlah pelanggan diiringi dengan peningkatan omset pendapatan perusahaan membuat perusahaan membutuhkan sistem informasi yang digunakan untuk menangani proses transaksi sekaligus membuat laporan. Selain itu pembangunan sistem informasi penjualan pada CV XYZ diharapkan akan dapat membantu dalam manajemen produk serta manajemen pelanggan dengan baik. Dalam membuat permodelan sistem informasi penjualan CV XYZ menggunakan UML (Unified Modeling Language). Untuk menganalisis dan menggambarkan kebutuhan fungsional pada sistem menggunakan use case diagram, sedangkan untuk menggambarkan objek objek yang terlibat menggunakan class diagram. Hasil dari penelitian ini adalah permodelan sistem informasi penjualan pada cv XYZ Yogyakarta dengan menggunakan UML.  


Full Text:

PDF

References


Nugroho,Adi” rekayasa perangkat lunak menggunakan UML dan JAVA”, yogyakarta : penerbit Andi

HM, Jogiyanto, “Sistem Teknologi Informasi”edisi ke III, ANDI,Yogyakarta, 2009.

Al Fatta, Hanif.” Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern”, Yogyakarta: Andi, 2007.)

Ellya Helmud1), Melati Suci Mayasari2) 2014. RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN TUNAI STUDI KASUS TB. CAHAYA BARU PANGKALPINANG DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2014 STMIK AMIKOM Yogyakarta, 8 Februari 2014 ISSN : 2302-3805


Refbacks

  • There are currently no refbacks.