PENERAPAN METODE ELECTRE UNTUK MENENTUKAN LOKASI BISNIS TERBAIK

Stevi Ema Wijayanti, Andriyan Dwi Putra

Abstract


Pemilihan lokasi bisnis yang baik merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan pemasaran dari sebuah usaha. Semakin strategis lokasi usaha yang dipilih, maka akan berpengaruh pada semakin tinggi pula tingkat penjualan. Metode ELECTRE merupakan salah satu model yang dapat digunakan untuk menentukan alternatif terbaik dari beberapa alternatif yang dipilih. Dengan menggunakan model ELECTRE maka dapat menentukan lokasi bisnis terbaik sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan oleh pengusaha. Dalam penelitian ini juga akan dilakukan pengujian untuk membuktikan bahwa metode ELECTRE dapat digunakan untuk menentukan lokasi bisnis terbaik dari sejumlah alternatif lokasi dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan.


Full Text:

PDF

References


A. Michael. 8 Jurus Jitu Mengelola Bisnis Ritel Ala Indonesia, Jakarta : Elex Media Komputindo, 2010

A.T. Heri, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi dengan Metode Electre (Studi Kasus : SMA Parulian 2 Medan)”, Pelita Informatika Budi Darma, vol. VII, no. 2, pp. 131- 135, Agustus 2014

C.H. Chen, W.C. Huang, “Using The Electre II Method to Apply and Analyze The Differentiation Theory”, Proceding of The Eastern Asia Society for Transportation Studies, vol. 5, pp. 2237- 2249, 2005

S. Kusumadewi, A. Harjoko, S. Hartanti, Wardoyo, Fuzzy Multi- Attribute Decision Making, Yogyakarta : Graha Ilmu, 2006

W.Z. Thomas, M.S. Norman, Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Jakarta : Salemba Empat, 2009


Refbacks

  • There are currently no refbacks.