PEMILIHAN PEGAWAI BERPRESTASI BERDASAR EVALUASI KINERJA PEGAWAI DENGAN METODE SAW

Lili Tanti

Abstract


Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas serta kinerja dari suatu instansi adalah peningkatan kinerja dari setiap pegawai, semakin baik kinerja dari pegawai tersebut maka akan semakin berkembang instansi tersebut. Pada saat ini Universitas Potensi Utama memiliki 121 orang pegawai dalam melakukan aktivitas di bagian manajemen. Penilaian kinerja pegawai dilakukan oleh masing-masing kepala bagian setiap bulannya dan dilaporkan kepada bagian kepegawaian. Bagian kepegawaian akan menentukan dan merekomendasikan kepada Rektor calon pegawai yang berprestasi untuk mendapatkan penghargaan. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem pendukung keputusan dalam pemilihan pegawai berprestasi. Metode yang digunakan untuk seleksi pegawai dipilih metode SAW, karena metode ini menentukan nilai bobot untuk setiap atribut kemudian dilanjutkan dengan proses perangkingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik, alternatif yaitu kriteria-kriteria yang ditentukan. indikator penilaian adalah displin kerja, disiplin administrasi, keandalan, kedewasaan dan integritas pribadi, semangat kerja, komunikasi dan kerjasama, keteguhan dan prinsip kerja, kuantitas hasil kerja, kualitas hasil kerja dan kepedulian terhadap organisasi. Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan dengan proses perankingan yang akan menentukan alternatif yang optimal, yaitu pegawai berprestasi


Full Text:

PDF

References


Emil. W., Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Studi Kasus : PT. Persero Angkasa Pura I Bandar Udara Juanda Surabaya) Diambil 27 Nopember 2014 dari http://ppta.stikom.edu /upload /upload /file /05410100313Makalah.pdf

Yohana. D. L. W., Rani. M. S., dan Heni R., Sistem Pendukung Keputusan penentuan Karyawan terbaik menggunakan SAW (Simple Additive Weighting) Studi Kasus PT. Pertamina RU II Dumai. Diambil 27 Nopember 2014 http://yohana.komputer.pcr.ac.id/wp-content ploads/sites /46/2014/02 /YDL_Sistem-Pendukung-Keputusan-Penentuan- Karyawan-Terbaik-Menggunakan-Metode-Saw-_Simple- Additive-Weighting _-Studi-Kasus-PT.pdf.

Kusumadewi, Sri. (2007). Diktat Kuliah Kecerdasan Buatan, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia.

Kusumadewi, Sri., Hartati, S., Harjoko, A., dan Wardoyo, R. (2006). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM). Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.