ANALISIS KEMIRIPAN POLA CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN METODE EUCLIDEAN

Euis Siti Nur Aisyah, Abdul Hayat, Puspa Widanti, Shinta Yulinda Prasetya, Helmi Iskandar

Abstract


Perkembangan teknologi, terutama di bidang dunia digital, mambawa perubahan cukup besar. Salah satunya dengan adanya digitalisasi data citra. Hampir semua sistem analog digantikan dengan sistem komputerisasi. Perkembangan pengolahan citra digital juga semakin luas, diantaranya adalah pengenalan pola (pattern recognition) pada citra digital. Penelitian ini bertujuan menganalisis kemiripan suatu pola citra digital dengan citra tertentu. Pola dari citra yang diolah adalah citra tekstur yang semuanya berukuran 640 x 640 pixel dengan format GIF. Sepuluh buah citra akan diuji untuk mencari citra mana yang paling mirip terhadap citra1.gif dengan menggunakan metode jarak euclidean berdasarkan lima ciri, yaitu: Intensitas warna (σ), Nilai rata-rata (μ), Entropi (e), Energi (E), Homogeiniti (H). Analisa kemiripan pola citra digital ini dilakukan menggunakan software matlab, citra yang paling mirip adalah citra yang mempunyai nilai jarak Euclidean paling kecil. Hasilnya citra2.gif merupakan citra yang paling memiliki kemiripan dengan citra1.gif, sedangkan citra9.gif merupakan citra yang paling tidak memiliki kemiripan dengan citra1.gif.


Full Text:

PDF

References


H. Kurniawan dan T. Hidayat, “Perancangan Program Pengenalan Wajah Menggunakan Fungsi Jarak Metode Euclidean Pada Matlab”, in Proc SNATI 2008, pp. J-15, Juni 21, 2008.

R.T. Wahyuningrum dan F. Damayanti, “Studi Perbandingan Pengenalan Citra Senyuman Berdasarkan Aesthetic Dentistry menggunakan Metode 2d-Pca Dan Metode 2d-Lda”, Jurnal Ilmiah Kursor, vol. 5, no. 4, pp. 212-222, Juli 2010.

A. Qur’ania, L. Karlitasar, S. Maryana, “Analisis Tekstur Dan Ekstraksi Fitur Warna Untuk Klasifikasi Apel Berbasis Citra”, LOkakarya Komputasi Sains dan Teknologi Nuklir, pp. 296-304, October 10, 2012.

http://www.ux.uis.no/~tranden/brodatz.html [5]

Y. Sahaduta, C. Lubis, “Gray Level Coourence Matrix sebagai Pengekstraksi Cirri pada Pengenalan Naskah Braille, in Proc. Semnasteknomedia 2013, pp. 0433-0437, January 19, 2013. [6] R. Wulanningrum, “Penggunaan Principal Component Analysis dan Euclidean Distance untuk Identifikasi Citra Tanda Tangan”, IPTEK-KOM, vol. 16, no. 1, pp. 1-16, Juni 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.