PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ANIMASI 2D PERMAINAN TRADISIONAL STUDY KASUS “ MUSEUM ANAK KOLONG TANGGA” YOGAYAKARTA

Mei Parwanto Kurniawan Kurniawan, Wawan Purwandono

Abstract


Animasi adalah gambar bergerak yang dibuat dengan menggunakan media komputer. Selain untuk dokumentasi museum, animasi ini dibuat juga dalam rangka sebagai media sosialisasi atau pengenalan kepada masyarakat khususnya anak-anak dari berbagai sekolah yang berkunjung ke museum, bahwa permainan ini merupakan salah satu budaya peninggalan nenek moyang dimana kita harus ikut melestarikannya supaya permainan ini tidak hilang dimakan jaman. Dimana kita tahu sekarang ini sudah masuk ke era teknologi banyak permainan canggih yang masuk ke kalangan anak-anak. Anak-anak saat ini jarang bahkan tidak mengetahui tentang adanya permainan tradisional. Museum Anak Kolong Tangga Yogyakarta salah satu institusi yang peduli tentang permainan tradisional,dimana didalamnya banyak koleksi mainanmainan kuno yang secara tidak langsung merupakan pusat perhatian khusus pada upaya penyelamatan seni kerajinan tradisional atau permaianan rakyat yang masih tersisa. Di dalam film ini akan memperkenalkan permainanpermainan yang ada di nusantara khususnya di Yogyakarta,dimana akan ada beberapa jenis permainan tradisional mulai dari cara pembuatan,cara memainkannya dan aturan permainan tradisional. Tentu dengan gambaran atau teknik yang mudah dipelajari oleh masyarakat khususnya anak-anak.


Full Text:

PDF

References


Rudi Cahyanto, Asep. PEMBUATAN FILM KARTUN “AIR” SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI PDAM KLATEN, skripsi S1 teknik informatika Stmik Amikom. 2013.

Kurniawan, Ari. Film Animasi "Permainan Egrang" Untuk Melestarikan Budaya Tradisional. Karya Ilmiah Universitas Dian Nuswantoro Semarang. 2012

Bambi, B. Nganimasi bersama Mas Be. Jakarta: Elex media Komputindo. 2013.

A.S.R. Ansori, M. Hariadi, W. Endah,"Pemodelan Retakan Tiga Dimensi Akibat Ledakan Untuk Serious Games", in Proc. Semnasteknomedia 2013, pp.13-1, Januari 13,2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.