GAME HYBRID VISUAL NOVEL SEJARAH DENGAN METODE SISTEM PAKAR "TWIST - MAJAPAHIT"
Abstract
Visual novel adalah game yang cukup popular di Jepang.
Data dari Gamestation, mengatakan bahwa dalam satu
bulan, rata-rata Jepang mengeluarkan 4 Visual Novel.
Namun kepopuleran ini tidak sampai ke Indonesia. Di
Indonesia sendiri, Visual Novel masih tergolong asing.
Berakar dari hal ini, penulis ingin merancang sebuah
visual novel yang nantinya akan menjadi pelopor dalam
mempopulerkan visual novel di Indonesia. Perancangan
game visual novel ini nantinya akan menggunakan
metode system pakar, sehingga game yang penulis
rancang, akan memiliki nilai edukasi bagi pemainnya.
Dan untuk mendukung hal tersebut, penulis juga akan
mengangkat kisah Majapahit, sebagai sumber edukasi
dalam game yang dirancang.
Data dari Gamestation, mengatakan bahwa dalam satu
bulan, rata-rata Jepang mengeluarkan 4 Visual Novel.
Namun kepopuleran ini tidak sampai ke Indonesia. Di
Indonesia sendiri, Visual Novel masih tergolong asing.
Berakar dari hal ini, penulis ingin merancang sebuah
visual novel yang nantinya akan menjadi pelopor dalam
mempopulerkan visual novel di Indonesia. Perancangan
game visual novel ini nantinya akan menggunakan
metode system pakar, sehingga game yang penulis
rancang, akan memiliki nilai edukasi bagi pemainnya.
Dan untuk mendukung hal tersebut, penulis juga akan
mengangkat kisah Majapahit, sebagai sumber edukasi
dalam game yang dirancang.
Full Text:
PDFReferences
Gamestation. 2012. Jakarta : Megindo. Edisi Januari – Desember.
National Geographic, Indonesia. 2012. Jakarta. Edisi Sebtember.
Cavallaro, Dani. 2010. Anime and the visual novel: narrative structure, design and play at the crossroads of animation and computer games. USA: McFarland & Company.
Sofyan Amir, dkk. 2008. Pembuatan Game Novel Visual “My Story Purple Ink” Menggunakan Ren’Py. Jurnal Dasi. Edisi Juni 2008
Jackson, Peter. 1998.
Introduction To Expert Systems. Edisi 3. USA : Addison Wesley.
Refbacks
- There are currently no refbacks.