ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT AKURASI ALGORITMA NAÏVE BAYES CLASSIFIER DENGAN CORRELATED-NAÏVE BAYES CLASSIFIER

Burhan Alfironi Muktamar, Noor Akhmad Setiawan, Teguh Bharata Adji

Abstract


Dalam paper ini, penulis membahas tentang analisis perbandingan algoritma klasifikasi dalam data mining. Algoritma klasifikasi data mining yang akan dianalisis adalah algoritma Naïve Bayes Classifier dan Correlated-Naïve Bayes Classifier. Analisis perbandingan yang dimaksud adalah perbandingan tingkat akurasi dari kedua algoritma tersebut. Naïve Bayes Classifier merupakan salah satu algoritma klasifikasi data mining yang berbasis pada probability value dari data set. Pola dasar Naïve Bayes Classifier berbasis pada teorema bayes. Secara garis besar cara kerja Naïve Bayes Classifier adalah merubah prior probability (probability awal) menjadi posterior probability (probability akhir) dengan melakukan perhitungan pada prior probability, likelihood (probability attribut) dan evidence. Correlated-Naïve Bayes Classifier merupakan pengembangan dari algoritma Naïve Bayes Classifier. Naïve Bayes Classifier mengklasifikasikan class berdasarkan pada probability atau dengan kata lain bergantung pada frekuensi kemunculan data pada data set. Sedangkan Correlated-Naïve Bayes Classifier selain berdasar pada probability attribute, juga memperhitungkan nilai korelasi masing-masing attribute terhadap class. Sehingga untuk mendapat posterior probability, Correlated-Naïve Bayes Classifier memperhitungkan dua aspek yaitu tingkat kemunculan data (probability) dan tingkat hubungan attribute dengan class. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah pengetahuan baru tentang tingkat akurasi dari algoritma Naïve Bayes Classifier dan Correlated-Naïve Bayes Classifier. Dengan pengetahuan tersebut kita dapat membandingkan kehandalan antara kedua algoritma tersebut yang diukur berdasarkan tingkat akurasinya   


Full Text:

PDF

References


F. A. Hermawati, Data Mining, 1st ed. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET, 2013.

Eko Prasetyo, Data Mining Konsep dan Aplikasi Menggunakan MATLAB, 1st ed. CV ANDI OFFSET, 2012.

S. V. Stankovic, G. Rakocevic, N. Kojic, and D. Milicev, “A classification and comparison of Data Mining algorithms for Wireless Sensor Networks,” in Industrial Technology (ICIT), 2012 IEEE International Conference on, 2012, pp. 265–270.

S. D. Pandya and P. V. Virparia, “Comparing the application of classification and association rule mining techniques of data mining in an Indian university to uncover hidden patterns,” in Intelligent Systems and Signal Processing (ISSP), 2013 International Conference on, 2013, pp. 361–364.

T. Justin, R. Gajšek, V. Štruc, and S. Dobrišek, “Comparison of different classification methods for emotion recognition,” in MIPRO, 2010 Proceedings of the 33rd International Convention, 2010, pp. 700–703.

Budi Santosa, Data Mining : Teknik Pemanfaatan Data untuk Keperluan Bisnis, 1st ed. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007.

C. Shah and A. G. Jivani, “Comparison of data mining classification algorithms for breast cancer prediction,” in Computing, Communications and Networking Technologies (ICCCNT),2013 Fourth International Conference on, 2013, pp. 1–4.

B. D. A. Fadlisyah, Statistika : Terapannya di Informatika , 1st ed. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.