PEMILIHAN LAMPU SEBAGAI PEMANAS PADA INKUBATOR BAYI

Noor Yulita Dwi Setyaningsih, Oyas Wahyunggoro

Abstract


Pemanas merupakan salah satu komponen yang penting yang harus ada untuk pengendalian plant inkubator. Lampu dipilih sebagai pemanas karena harganya yang terjangkau, perawatan yang mudah, dapat didapatkan dengan mudah. Jika dalam penggunaan lampu ada yang mati , pengguna inkubator dapat dengan mudah untuk menggantinya. Selain itu lampu pijar dengan ini memiliki keluaran panas yang stabil dan linier.Antara suhu dan daya memiliki hubungan yang lurus. Semakin besar daya yang dimiliki oleh lampu itu, maka suhu yang dihasilkan juga semakin panas. Pada penelitian didapatkan hasil bahwa hubungan antara daya dan suhu dari jenis lampu pijar ini adalah y = 0.144x + 30.027 dengan y adalah nilai suhu dan x adalah nilai daya, dari persamaan tersebut diperoleh nilai R² = 0.9457, ini mengartikan bahwa hubungan antara daya dan suhu memiliki tingkat kecocokan yang baik yaitu mendekati linier.


Full Text:

PDF

References


“bpsfile,” Sumber : Sensus Penduduk 1971, 1980, 1990, SDKI 1994 dan 1997.

W. D. Astuti, H. H. Sholikhah, and T. J. Angkasawati, “ESTIMASI RISIKO PENYEBAB KEMATIAN NEONATAL DI INDONESIA TAHUN 2007,” pp. 297–308, 2008.

R. A. Wahyuono, R. Hantoro, and G. Nugroho, “Analisis distribusi temperatur dan aliran udara pada inkubator bayi dengan variasi tipe dinding dan overhead screen,” pp. 1–11.

I. Pengendalian and T. Dan, “OPTIMALISASI KELEMBABAN UDARA PADA TABUNG BABY INCUBATOR MELALUI INTEGRASI PENGENDALIAN TEMPERATUR DAN KELEMBABAN (CATUR,” 2007.

“Temperature Controller For Baby Incubators Vivi Binti Osman TJ223.P76.V54 2008.pdf.” .

I. Nurhadi, E. Puspita, M. Jurusan, T. Elektronika, P. Elektronika, and N. Surabaya, “Rancang Bangun Mesin Penetas Telur Otomatis Berbasis Mikrokontroler ATMega 8 Menggunakan sensor SHT 11.”

M. S. Arif Setiawan, Laila Katriani, M.Si., Denny Darmawan, “Rancang Bangun Prototype Sistem Kontrol Temperatur Menggunakan Sensor DS18B20 Pada Inkubator Bayi,” 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.