RANCANG BANGUN PERANGKAT LUNAK ALAT BANTU AJAR KALKULUS PROPOSISI MENGGUNAKAN METODE PARSING

Bustami Bustami

Abstract


Kalkulus proposisi pada hakikatnya adalah suatu metode dalam komputasi yang digunakan untuk menghitung nilai kebenaran dari suatu proposisi. Penelitian ini berkaitan dengan pengembangan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menyelesaikan persoalan kalkulus proposisi. Perangkat lunak yang dibangun memiliki kemampuan untuk mengeksekusi masukan berupa kalimat proposisi dan menghasilkan keluaran berupa proposisi-proposisi atomik serta variabel proposisi yang mengikutinya, ekspresi logika dan tabel kebenaran dari proposisi yang diinputkan. Sistem dibangun dengan menggunakan metode parsing untuk menguraikan proposisi majemuk menjadi proposisi-proposisi atomik serta untuk menguraikan ekspresi logika kedalam bentuk sub-sub ekspresi logika. Hasil perangkat lunak ini diharapkan dapat memudahkan dan membantu siswa meningkatkan pemahamannya mengenai materi kalkulus proposisi.  


Full Text:

PDF

References


Anindhika, Dita. 2010. Penggunaan Pohon dalam Mempresentasikan Struktur Kalimat Bahasa Alami. Makalah IF2091 Struktur Diskrit - Sem.1 Tahun 2010/2011.

Munir, Rinaldi. Matematika diskrit Edisi Ketiga. Bandung : Informatika. 2007.

Suciadi, James. 2001. Studi Analisis Metode – Metode Parsing dan Interpretasi Semantik pada Natural Language Processing. Jurnal Informatika Vol. 2, No.1, Mei2001.

Soesianto, F dan Djoni Dwijono. Logika Matematika Untuk Ilmu Komputer. Yogyakarta : Andi Yogyakarta. 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.