SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH CITRA DENGAN METODE MULTI-CRITERIA DECISION MAKING (MCDM) DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

Faisal Piliang

Abstract


Sistem pendukung keputusan (SPK) adalah sebuah sistem yang dapat membantu seseorang dalam mengambil keputusan secara akurat dan sesuai dengan sasaran yang diinginkan. SPK digunakan dalam makalah ini digunakan untuk membantu menyelesaikan permasalahan penentuan perangkat lunak pengolah citra yang akan digunakan oleh para pengembang perangkat lunak dalam merancang pengolahan pencitraan mereka. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pemilihan perangkat lunak pengolah citra ini yaitu menggunakan metode Analitical Hierarcy Process (AHP) dan Multi-Criteria Decision Making (MCDM). Metode ini dipilih karena mampu memilih alternatif terbaik dari sejumlah alternatif untuk menyelesaikan permasalahan penentuan perangkat lunak pengolah citra berdasarkan kriteria dan subkriteria yang ditentukan. Hasil akhir dari makalah ini berdasarkan kedua kriteria manfaat dan biaya adalah pemilihan Dreamweaver sebagai prioritas utama Frontpage sebagai prioritas kedua dan Photoshop sebagai prioritas ketiga.


Full Text:

PDF

References


Dadang Setiawan, 2012. “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan untuk Pemilihan Produk Laptop Menggunakan Metode Fuzzy Multi Criteria Decision Making”.

Djamila Podungge, 2012. “Penerapan Metode Analytical Hierarkhi Process (AHP) untuk Menentukan Pemilihan Pengawas Sekolah”.

Edwin Nur Prasetyo, 2011. “Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web Untuk Menentukan Antivirus Yang Tepat Dengan Metode Analytical Hierarkhi Process (AHP)”.

Faisal, 2010. “Strategi IT Rencana Penanggulangan Bencana (Disaster Recovery Planning/DRP) pada Core UICo Sistem dengan Pendekatan Analytical Hierarchy Process studi kasus UNOCAL Indonesia”.

Faisal, 2013. “Penerapan Metode AHP dalam Pemilihan Komputer dengan Menggunakan Expert Choice 2000”.

Hafsah, 2011. ”Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Hotel dengan menggunakan Metode Promitee dan AHP”.

Reno Sutanti, 2006. “Strategi Pemilihan Infrastruktur dan Pembenahan Manajemen Dalam Mewujudkan Laboratorium Komputer yang Murah dan Efisien”.

Saaty, R.W., The Analytic Hierarchy Process-What It Is and How It Used, Journal of Mathematical Modeling Vol. 9 no. 3-5, 1983.p. 161-176. Saaty, T.L., 2004. Decision making-the analytic hierarichal process and the analytic network process. Journal of Systems Science and Systems Engineering. Vol 13(1) : 35. (Marimin. 2005. “Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. Penerbit PT Grasindo, Jakarta”.)

Sunarto, 2008. “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Handphone Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Berbasis PHP”.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.