PEMBUATAN MODEL GERAKAN ANIMASI 2D DENGAN MENGGUNAKAN METODE INVERSE KINEMATIK

Heru Setiya Nugraha, M. Suyanto, Amir Fatah Sofyan

Abstract


Perkembangan   industri   animasi   saat   ini   membuat tuntutan  kepada  para  animator  agar  dapat  bekerja dengan lebih cepat. Model gerakan yang sudah ada dapat digunakan untuk  membuat proses pembuatan animasi lebih cepat, karena animator tinggal mengambil model gerakan yang sudah ada untuk diterapkan pada karakter yang  dipilih.  Model  gerakan  yang  digunakan  dalam proses animasi dapat dibuat dengan berbagai macam metode, salah satu metodenya adalah inverse kinematic. Metode  ini  memungkinkan  pembuat  untuk  membuat gerakan secara lebih cepat tanpa harus membuat gambar yang banyak. Model gerakan yang sudah dibuat tersebut juga dapat diterapkan ke dalam karakter secara otomatis. Sebagai contoh dalam penelitian ini, dibuat empat jenis gerakan    yaitu    berjalan,    berlari,    melompat    dan mengendap-endap.  Penelitian ini menghasilkan empat gerakan yang dapat diterapkan kedalam setiap karakter animasi. Pada proses pengujian, setiap gerakan dapat diterapkan secara baik ke dalam masing-masing karakter. Pada model gerakan berjalan,  peneliti  membuat  delapan  keyframe  dengan setiap  keyframe  memiliki  panjang  3  frame.  Berbeda dengan  model  gerakan  berlari,  pada  gerakan  berlari menggunakan duabelas keyframe. Penggunaan keyframe yang  lebih  banyak  tersebut  untuk  memberikan  efek gerakan  yang  lebih  halus.  Hal  tersebut  juga  penulis terapkan pada model gerakan melompat dan mengendap- endap.  Pada  gerakan  melompat,  penulis  mengawali dengan  gerakan  berlari  dahulu.  Hal  tersebut  akan membuat  gerakan  terlihat  semakin  nyata.  Hasil  dari penelitian ini, model gerakan dapat diterapkan ke dalam setiap karakter secara otomatis dengan cara mengimpor model gerakan ke dalam skeleton effect.  


Full Text:

PDF

References


Fernandez, I., 2001, Macromedia Flash Animation & Cartooning: A Creative Guide. McGraw-Hill Osborne Media.

McCord, R., 2011, Techniques And Aesthetics Of Human Inverse Kinematics For Fighting Simulation, Tesis, Southern Methodist University.

She, Y., Y., 2010, Realtime Animation of Walking And Running using Inverse Kinematics, Tesis, Concordia University.

Soma, H.A., 2007, Animasi Kreatif Fundamental dengan 3Ds Max, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Withed, B., Noris, G., Simmons, M., 2010, BetweenIT: An Interactive Tool for Tight Inbetweening, Eurographic, Vol. 29.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.