PENERAPAN K-MEANS CLUSTERING PADA DATA PENERIMAAN MAHASISWA BARU (STUDI KASUS : UNIVERSITAS POTENSI UTAMA)

Fina Nasari, Surya Darma

Abstract


Pembentukan cluster merupakan salah satu teknik yang digunakan dalam mengekstrak pola kecenderungan suatu data. Teknik ini ini digunakan dalam proses Knowledge discovery in database (KDD). Data mining biasanya identik dengan proses penggalian data-data yang cukup besar dan dikelompokkan menjadi data yang tersusun rapi. Dalam hal ini penulis mengelompokkan data mahasiswa baru tahun ajaran 2014/2015 dengan teknik clustering. Pengelompokkan yang penulis terapkan menggunakan algoritma K-Means Clustering, algoritma K-Means Clustering mampu mengelompokkan data pada kelompok yang sama dan data yang berbeda pada kelompok yang berbeda. Sehingga akan terlihat kelompok data mahasiswa baru tahun ajaran 2014/2015 pada Universitas Potensi Utama yang tidak terstruktur menjadi terstruktur. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan algoritam KMeans Clustering pada data penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2014/2015(studi kasus : Universitas Potensi Utama). Hasil K-Means Clustering yang diperoleh ada dua kelompok, pusat cluster dengan Cluster 1 = 1 ; 1.75; 1.5 dan Cluster 2 = 2.95; 1.65; 1.4, Cluster pertama jika asal sekolaha dalah SMA atau Sekolah Menengah Pertama maka rata-rata jurusan yang diambil adalah Sistem Informasi dan kedua jika asal Sekolahnya adalah SMK rata-rata jurusan yang diambil adalah Teknik Informatika.


Full Text:

PDF

References


Ediyanto, dkk, “Pengklasifikasian Karakteristik Dengan Metode K-Means Cluster Analysis”, Buletin Ilmiah Mat. Stat dan Terapannya (Bimaster) Volume 02, No. 2 (2013), hal 133-136

Himamunanto Agustinus Rudatyo, Mendrova Hendrik, “Perbandingan Algoritma Binerisadi Pada Citra Tulang Abnormal Telapak Tangan Manusia”, Prosiding Konferensi Nasional Sistem Informasi 2012 (KNSI 2012), STIKOM Bal 23-25 Pebruari 2012.

Larose, Daniel, Discovery Knowledge in Data, A Jhon Wiley & Sons, Inc Publication. Canada: 2005

Nasari Fina, “Penerapan Algoritma c4.5 Dalam Pemilihan Bidang Peminatan Program Studi Sistem Informasi di STMIK Potensi Utama Medan” Prosiding Seminar Nasional Informatika 2014 (SNIf 2014), STMIK Potensi Utama, Medan – Sumatera Utara.

Ong Johan Oscar, “Implementasi Algoritma K-Means Clustering Untuk Menentukan Strategi Marketing President University”, Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 12, No. 1, Juni 2013.

Tanjung Muhammad Rusdi, Erlinda Ningsih, “Perbandingan Penggunaan Data Real dan Data Hasil Normalisasi Pada Pengelompokkan Data Dengan Menggunakan Metode Clustering (Studi Kasus PT. PHP Motor)”, Prosiding KeTIK 2014 UIN. Universitas Islam Negeri Medan – Sumatera Utara.

T. Gomasathit. “Cloud Coverage Identification Using Satellite Data and K-mean Clustering Algorithm”. Journal of Global Research in Computer Science, Volume 4, No. 7, July 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.