TEKNIK MOTION CAPTURE DALAM PROSES PEMBUATAN ANIMASI 3D MENGUNAKAN MICROSOFT KINECT

I Dewa Bagas Suryajaya

Abstract


Motion capture adalah metode atraktif untuk membuat gerakan dalam animasi komputer. Teknik motion capture mengandalkan perekaman dan pengambilan sempel gerakan manusia, hewan dan benda mati sebagai data 3 dimensi. Teknik motion capture ini memiliki berbagai cara pengaplikasiannya seperti dengan penanda (marker-based motion capture) dan tanpa penanda (marker-less motion capture). Alat yang digunakan untuk teknik dengan penanda memiliki harga sewa yang cukup mahal yaitu berkisar 3000 euro per bulannya. Sedangkan untuk teknik tanpa penanda (markerless) hanya beberapa perusahaan saja yang telah membuatnya. Salah satunya adalah Microsoft telah menciptakan alat yang bernama Kinect. Awalnya alat tersebut digunakan dalam game Xbox agar pemain dapat memainkan game tanpa joystrick atau menggunakan gerak tubuhnya, tetapi seiring perkembangan teknologi alat ini dapat dijadikan sebagai alat motion capture tanpa penanda (markerless). Penelitian ini akan menyajikan bagaimana penggunaan microsoft kinect sebagai alat dari motion capture dalam pembuatan animasi. Penelitian ini juga akan melihat kinerja dari alat tersebut sehingga dapat menjadi referensi dalam pembuatan animasi 3D menggunakan teknik motion capture.  


Full Text:

PDF

References


Sukoco. 2011. Teknologi Motion Capture Untuk Pembuatan Film Animasi 3D. http://ejournal.unsa.ac.id/index.php/ijcss/issue/view/8. Diakses pada tanggal 11 Oktober 2012.

Sharma, Ashish. dkk. Motion Capture Process, Techniques and Application. http://ijritcc.org/IJRITCC%20Vol_1%20Issue_4/IJRITCC_1350.p df. Diakses pada tanggal 20 Juni 2014.

Vadimbesedin. 2013. Rent a MOCAP system. http://www.mocap.lt/mocap-rent-npg.html. Diakses pada tanggal 10 September 2013.

Anonim. 2009. Project Natal 101. http://www.microsoft.com/enus/ news/. Diakses pada tanggal 05 September 2013.

Brekelmans, Jasper. 2010. Brekel Tools for Kinect markerless motion capture http://www.brekel.com /about/. Diakses pada tanggal 23 November 2012.

Budiman, Rendi. dkk. 2012. Integrasi Kinect dan Unreal Development Kit Menggunakan Kerangka Kerja OpenNI Pada Studi Kasus Game Berbasis Interaksi Gerakan. http://digilib.its.ac.id/public/ITS-Undergraduate-22957- 5108100020-Chapter1.pdf. Diakses pada tanggal 09 Agustus 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.