IMPLEMENTASI KEAMANAN JARINGAN WIRELESS ENTERPRISE MENGGUNAKAN REMOTE AUTHENTICATION DIAL IN USER SERVICES

Nanang Sadikin

Abstract


Jaringan komputer wireless menawarkan kemudahan. Namun hal ini rentan terhadap ancaman serangan. Oleh karena itu jaringan wireless ini perlu diamankan. Di dalam makalah ini akan dijelaskan bagaimana mengamankan jaringan wireless menggunakan metode WPA2 Enterprise. Di dalam makalah ini WPA2 Enterprise implementasikan menggunakan Remote Authentication Dial-In User Services (RADIUS) yang merupakan fungsi Network Policy Server (NPS) yang terdapat pada Windows Server. Metode WPA2 Enterprise ini memiliki keunggulan dibandingkan metode keamanan WEP, WPA, atau WPA2 yang hanya mengandalkan security key.


References


Efvy Zamidra Zam, Cara Mudah Membuat Jaringan Wireless, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2014 [2] Sto, Wireless Kung Fu Networking & Hacking, Jakarta: Jasakom, 2007.

Deris Setiawan, Analisis Perbandingan Sistem Keamanan WEP/WPA/RADIUS Pada Jaringan Publik Wireless Hotspot, Palembang: Universitas Sriwijaya, 2009.

Raymond Powers Tenggario, Manajemen Jaringan Wireless Menggunakan Server Radius, Jakarta: Universitas Bina Nusantara, 2011.

William Susanto, Pengembangan Jaringan Lokal PT SVW Berbasis Teknologi Wireless LAN, Jakarta: Universitas Bina Nusantara, 2005.

Firmansyah, Membangun Komunikasi Data dengan Wireless LAN di RSUDR Syamsudin SH Kota Sukabumi, Sukabumi: SMK Teknologi Plus Padjajaran, 2007.

Abdullah Faqih, Sistem Manajemen Hotspot Berbasis Kuota Waktu dan Paket Data, Semarang: Universitas Diponegoro, 2012.

Aji Supriyanto, Analisis Kelemahan Keamanan pada Jaringan Wireless, Semarang: Universitas Stikubank, 2006.

Christina Megawati, Implementasi dan Analisa Unjuk Kerja Sistem Keamanan Jaringan Wireless Berbasis Linux Platform dan DD-WRT Firmware, Depok : Universitas Indonesia, 2012

Wildan Angga Yogantara, Perancangan Jaringan Wireless Local Area Network Pada Dinas Pemerintah Kota Semarang, Semarang: Universitas Dian Nuswantoro, 2014.

Ahmad, Membangun Jaringan Wireless pada SMA Negeri 1 Woja, Mataram: Akademi Manajemen Informatika Komputer, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.