APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA ISYARAT BAGI PENYANDANG TUNA RUNGU BERBASIS ANDROID DENGAN METODE BISINDO

Idris Kautsar, Rohmat Indra Borman, Ari Sulistyawati

Abstract


Perkembangan penggunaan smartphone sangat pesat saat ini, khususnya pada smartphone dengan sistem operasi android. Dalam pemanfaatan teknologi yang ada dan persentase penggunaan smartphone android yang terus meningkat maka para pengembang berlomba-lomba untuk mengembangkan aplikasi berbasis android, baik dari permainan, sosial media, pembelajaran, dll. Salah satu pengembangan aplikasi android adalah dalam bidang pengembangan aplikasi pembelajaran bahasa isyarat dengan tujuan untuk membantu dalam mempermudah pembelajaran bahasa isyarat bagi penyandang tuna rungu ataupun masyarakat biasa pada umumnya. BISINDO merupakan bahasa induk atau bahasa terapan yang telah ada dari dulu yang diciptakan oleh masyarakat tuna rungu sendiri. Perbedaan metode bahasa yang lain yaitu pada BISINDO tidak menggunakan imbuhan sesuai kaidah penulisan pada bahasa Indonesia. Untuk memudahkan pembelajran, maka dikembangkanlah aplikasi untuk bahasa isyarat. Aplikasi ini dibangun dengan metode pengembangan sistem multimedia untuk menghasilkan produk yang berbasis multimedia. Hasil aplikasi ini berupa aplikasi yang dapat menampilkan pembelajaran dan bermain yang dilengkapi dengan gambar, audio dan video bahasa isyarat.


Full Text:

PDF

References


Binanto, Iwan, “Multimedia Digital - Dasar Dan Teori Pengembangannya”, ANDI, Yogyakarta, 2010.

Manurung, Kurniawan Kumala Maringan, dkk, “Berkenalan Dengan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO)”, DPD GERKATIN DKI Jakarta, Jakarta, 2010.

Safaat, Nazaruddin H, “Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android”, Informatika, Bandung, 2012.

Shalahuddin, M, A.S, Rosa,” Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek”, Informatika, Bandung, 2013.

Luther, Arc C, "Authoring Interactive Multimedia", Boston, AP Professional, 1994.

Sutopo, Ariesto Hadi, "Multimedia Interaktif dengan Flash, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2003


Refbacks

  • There are currently no refbacks.