SISTEM PINTU OTOMATIS BERDASARKAN PENGENALAN WAJAH MENGGUNAKAN METODE NEAREST FEATURE LINE

Agus Budi Dharmawan, Lina Lina

Abstract


Perkembangan teknologi komputer telah membantu kehidupan manusia menjadi lebih baik. Saat ini perkembangan teknologi komputer telah berkembang dengan sangat cepat, hampir di semua bidang. Sebagai contoh adalah aplikasi smart building dimana menerapkan sistem otomatisasi dan security berbasis komputer. Salah satu teknologi yang dapat diterapkan adalah sistem untuk membantu membuka dan mengunci pintu ruangan secara otomatis berdasarkan pengenalan wajah. Metode yang diaplikasikan pada sistem ini adalah sistem pengenalan wajah 3D yang didasari pada variasi sudut pandang citra dua dimensi menggunakan metode Nearest Feature Line (NFL). Sedangkan untuk mengunci dan membuka kunci pintu dilakukan secara otomatis menggunakan electric door lock. Sistem ini menggunakan electric lock yang diletakkan pada pintu dan menggunakan kamera untuk mendeteksi wajah manusia. Modul Hardware terintegrasi dengan software sehingga kunci dapat bekerja secara otomatis sesuai proses yang di kerjakan oleh komputer. Aplikasi ini juga dapat menggunakan penjadualan dan memonitor apakah kondisi pintu dalam keadaan terkunci atau tidak.


Full Text:

PDF

References


Nouzag (2010), Principal Component Analysis, http://nouzag.wordpress.com/2009/06/27/principalanalysis- component.

Smith, Lindsay I. (2009), A tutorial on Principal Components Analysis, http://www.cs.otago.ac.nz/cosc453/student_tutorials/ principal_components.pdf.

Kusumoputro, Benyamin dan Sripomo, Rina (2002), Pengembangan Sistem Penentu Sudut Pandang Wajah 3-D dengan Menggunakan Perhitungan Jarak Terpendek pada Garis Ciri dalam Ruang Eigen, Vol.6, No.2., Jakarta: Makara Sains.

EricWeisstein (2010), Pythagorean theorem, http://mathworld.wolfram.com/Distance.html.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.