PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA GAME BOOK ( PERMAINAN ULAR TANGGA )

Ewaldus Ambrosius Tukan

Abstract


Permainan ular tangga adalah permainan tradisional yang   menggunakan   papan   untuk   anak-anak   yang dimainkan oleh 2 orang atau lebih.Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah permainan ular tangga dalam   sebuah   teknologi   augmented   reality   untuk menghasilkan sensasi permainan ular tanga yang lebih menarik. Augmented reality merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan atau pun tiga  dimensi  ke  dalam  sebuah  lingkungan nyata  tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Metode penelitian yang digunakan dalam membangun permainan ini adalah studi literatur dan perancangan.  Hasil yang dicapai adalah suatu aplikasi yang membuat permainan ular tangga ini berjalan dengan teknologi augmented  reality.  Permainan  ini  didukung  dengan tampilan objek 3D dan sehingga memberikan tampilan yang lebih menarik dan interaktif.  Kesimpulan  yang  dapat  yang  dapat  diambil  adalah dengan   adanya   permainan   ular   tangga   berbasis augmented reality ini akan menjadi lebih menarik.  


Full Text:

PDF

References


Azume, Ronal T.,1997, A Survey of Augmented Reality, Presence: Teleoperators and Virtual Environments, pp. 355-385

Bahtiar, Mas Ali, Sistem Augmented Reality Untuk Animasi Games

Menggunakan Camera Pada PC (Skripsi), (Institut Teknologi Sepuluh November: Surabaya, 2011).

Arsandi, Adhi, et.al, Visualisasi Gerakan Objek 3D Pada Augmented Reality Dengan Deteksi Tumbukan Berbasis Bounding Box (Tesis), (Institut Teknologi Sepuluh November: Surabaya,2011).

Furht, Borko, Handbook of Augmented Reality (Florida: Springer,2011).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.