SISTEM PENENTUAN JURUSAN SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KARANGMOJO

Maria Etik Sulistiyani, Bambang Soedijono, Syamsul A. Syahdan

Abstract


Proses penjurusan siswa di SMA merupakan suatu tahap yang sangat penting dalam meningkatkan kemajuan belajar siswa. Proses penjurusan siswa akan membantu siswa dalam memfokuskan konsentrasi penguasaan materi pembelajaran di sekolah. Proses penjurusan siswa dilakukan pada kelas IX setelah siswa dinyatakan diterima di SMA. Saat ini proses penjurusan siswa di SMA masih dilakukan secara manual sehingga kurang efektif dan kurang efisien. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem keputusan yang mampu memberikan dukungan terhadap proses penentuan jurusan yang tepat untuk siswa SMA. Sistem pendukung keputusan untuk penjurusan SMA ini menggunakan algoritma K-means dan TOPSIS. Algoritma K-means digunakan untuk mengelompokkan siswa yang masuk dalam jurusan IPA maupun IPS. Sedangkan untuk algoritma TOPSIS digunakan untuk merangking siswa berdasarkan hasil dari proses pengelompokkan K-means. Adapun kriteria-kriteria yang yang dibutuhkan dalam proses penentuan jurusan ini adalah data nilai rapor SMP, nilai ujian nasional SMP, dan nilai tes penempatan yang dilakukan di SMA. Kriteria-kriteria tersebut akan diolah dengan algoritma K-means dan TOPSIS sehingga akan menghasilkan suatu sistem berupa nilai rekomendasi yang sesuai dengan kriteria tersebut. Sistem yang dibuat akan menghasilkan hasil clustering dari siswa yang masuk jurusan IPA maupun IPS kemudian menampilkan rangking dari setiap siswa yang masuk jurusan IPA maupun IPS tersebut


Full Text:

PDF

References


Agusta,Y., K-means-Penerapan, Permasalahan dan Metode Terkait. Bali:Jurnal Sistem Informatika, Vol 3:47-60, 2007.

Hasan, Action Research: Desain Penelitian Integratif untuk Mengatasi Permasalahan Masyarakat,AKSES: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 4 No. 8, Oktober 2009

Hasibuan, Z. A., Metode Penelitian pada bidang Ilmu Komputer dan Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2007.

Lestari, S. , Seleksi Penerimaan Calon Karyawan Menggunakan Metode TOPSIS, Bali:Konferensi Nasional Sistem dan Informatika, KNS&I11-027, 12 November 2011.

Narwati, Pengelompokan Mahasiswa menggunakan algoritma K-means, Jurnal Dinamika Informatika, Vol. 2 No.2, 2010.

Setyawan, B., Sistem pendukung Keputusan Rekrutmen Guru dengan Metode TOPSIS, Jurnal Teknik Informatika Vol. 04 No. 01, ISSN : 1907 – 9834 , Maret 2011.

Turban, E, dkk.,Decision Support System and Itelligent Systems, Yogyakarta: Andi Offset, 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.