PEMBOBOTAN KORELASI PADA NAÏVE BAYES CLASSIFIER

Burhan Alfironi Muktamar, Noor Akhmad Setiawan, Teguh Bharata Adji

Abstract


Naïve Bayes Classifier merupakan salah satu algoritma klasifikasi dalam data mining yang memiliki kecepatan proses yang baik dan tingkat akurasi yang cukup tinggi. Dalam proses klasifikasi, Naïve Bayes Classifier mengadopsi teorema Bayesian untuk memetakan suatu data terhadap class dengan memperhitungkan probability dari attribute data tersebut. Sampai saat ini, algoritma Naïve Bayes Classifier hanya berdasar pada prior probability dan probability attribute. Salah satu hal yang berpotensi untuk meningkatkan akurasi dari Naïve Bayes Classifier adalah nilai korelasi attribute terhadap class. Dengan ikut memperhitungkan korelasi value attribute terhadap class, maka yang menjadi dasar ketepatan klasisifikasi bukan hanya probability melainkan juga seberapa besar hubungan (korelasi) attribute dengan class. Dalam penelitian ini, penulis ingin meningkatkan tingkat akurasi Naïve Bayes Classifier dengan memperhitungkan nilai korelasi dari masing-masing attribute terhadap class. Dengan metode ini, Naïve Bayes Classifier menambahkan satu parameter tambahan dalam perhitungan probability untuk mencapai posterior probability yaitu korelasi value dari attribute dengan class. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah rumusan metode baru dari algoritma Naïve Bayes Classifier yang berbasis pada probability attribute dan korelasi value attribute terhadap class yang dinamakan Correlated-Naïve Bayes Classifier.


Full Text:

PDF

References


Budi Santosa, Data Mining : Teknik Pemanfaatan Data untuk Keperluan Bisnis, 1st ed. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007.

Eko Prasetyo, Data Mining Konsep dan Aplikasi Menggunakan MATLAB, 1st ed. CV ANDI OFFSET, 2012.

F. A. Hermawati, Data Mining, 1st ed. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET, 2013.

A. Nurnberger, C. Borgelt, and A. Klose, “Improving naive Bayes classifiers using neuro-fuzzy learning,” in Neural Information Processing, 1999. Proceedings. ICONIP ’99. 6th International Conference on, 1999, vol. 1, pp. 154–159 vol.1.

M. Martinez-Arroyo and L. E. Sucar, “Learning an Optimal Naive Bayes Classifier,” in Pattern Recognition, 2006. ICPR 2006. 18th International Conference on, 0-0 0, vol. 3, pp. 1236– 1239.

Mohammad Farhan Qudratullah, Sri Utami Zuliana, and Epha Diana Supandi, STATISTIKA, 1st ed. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga, 2012.

Samsubar Saleh, STATISTIK DESKRIPTIP, 1st ed. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan (UPP) AMP YKPN, 1998.

B. D. A. Fadlisyah, Statistika : Terapannya di Informatika, 1st ed. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.

Harinaldi, Prinsip - Prinsip Statistik untuk Teknik dan Sain, 1st ed. Yogyakarta: Penerbit Erlangga, 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.