PENERAPAN METODE GAP DALAM MENENTUKAN PEMAIN TERBAIK DI TIM SEPAKBOLA

Agam Saka Jati Jati

Abstract


Metode profile matching atau sering disebut Group Algorithm Programing (GAP) merupakan suatu proses yang penting dalam menentukan kompetensi (kemampuan) yang diperlukan untuk suatu kriteria. Pada proses ini, secara umum merupakan proses membandingkan kompetensi individu dengan kompetensi yang menjadi kriteria agar dapat diketahui selisih kompetensinya. Dalam penelitian ini, metode GAP akan digunakan untuk menentukan pemain terbaik dalam tiap posisi pada tim sepakbola. Hasil dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemain terbaik dalam tiap posisi (dalam kasus penelitian, diambil posisi goalkeeper). Sehingga mendapatkan hasil apakah metode GAP dapat diterapkan atau tidak.


Full Text:

PDF

References


A. Handojo, D.H. Setiabudi, R. Yunita, “Pembuatan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Proses Kenaikan Jabatan Dan Perencanaan Karir Pada PT.X”, in Jurnal Informatika Vol.4, No.2, pp.98-106, November, 2003.

A.S. Darmawan,"Pemilihan Beasiswa Bagi Mahasiswa STMIK Widya Pratama Dengan Metode Profile Matching", in ICTech, Vol.X, No.1, Januari, 2012.

Mustika, “Implementasi GAP Analisis Pada Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Untuk Evaluasi Kinerja Dosen”, in Teknomatika Vol.3, No.1, Januari, 2013.

S. Setyowati, “Analisa Evaluasi Kinerja Pegawai Untuk Promosi Jabatan Menggunakan Model Hybrid GAP Analysis-AHP”, in SNATI, ISSN: 1907-5022, Juni, 2013.

K. Stuart, “Why clubs are using Football Manager as a real-life scouting tool”, in The Guardian. Retrieved December 4, 2014, 20.58 WIB from www.theguardian.com : < http://www.theguardian.com/technology/2014/aug/12/why-clubsfootball- manager-scouting-tool>


Refbacks

  • There are currently no refbacks.