IMPLEMENTASI PENGGUNAAN SISTEM APLIKASI WEB PDF PARSER UNTUK MENAMPILKAN INFORMASI ISI DOKUMEN

Yulianto Yulianto, Fifit Alfiah, Andy Nova Wijaya, Muh Rizal Ramadhan, Leo Kumoro Sakti, Mubtasir Mubtasir, Abdul Mukti

Abstract


Berdasarkan ilmu komputer Kercerdasan Buatan, Terdapat Pengolahan bahasa komunikasi untuk komputer dan manusia yaitu Natural Processing Languge (NLP). NLP adalah ilmu dalam kecerdasan buatan yang mempelajari pengolahan tata bahasa, supaya manusia dapat memahami apa yang ditampilkan oleh sebuah sistem komputer. Dalam menampilkan informasi NLP memiliki teknik khusus dimana sebuah sistem komputer mampu menghasilkan informasi atau output isi atau content dari sebuah file dokumen adalah parsing. Parsing adalah suatu cara memecah-mecah suatu rangkaian masukan (misalnya dari berkas atau keyboard) yang akan menghasilkan suatu pohon uraian (parse tree) yang akan digunakan pada tahap kompilasi berikutnya yaitu analisis semantic. Parsing dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis file .pdf dengan begitu penelitian ini akan menghasilkan informasi atau output dari sebuah file dokumen yang di parse atau di uraikan dengan aplikasi web yang kami buat sendiri. Untuk penggunaannya penelitian ini jg membahas beberapa metode parsing yang terkait dalam sistem aplikasi pdf parse. Implementasi penggunan aplikasi web pdf parse ini menghasilkan atau menampilkan isi dokumen parse dari sistem aplikasi yang dibuat, karna dengan adanya pdf parse sangat membantu untuk mengetahui segala info mengenai informasi dan isi dokumen yang dibutuhkan oleh para user .


Full Text:

PDF

References


Parasta, Julianisya Tri, “Penguraian Kata Pada Kalimat Dalam Bahasa Komering Rasuan Berdasarkan Kaidah Bahasa Indonesia Menggunakan Teori Automata” Universitas Sriwijaya, 2014.

Utdirartatmo, Firrar, “Teknik Kompilasi”, edisi kedua, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta, 2005.

James, Suciadi, “Studi Analisis Metode-Metode Parsing Dan Interpretasi Semantik Pada Natural Language Processing” Universitas Kristen Petra, 2013.

Bindu.M.S, Sumam Mary Idicula, “A Hybrid Model For Phrase Chunking Employing Artificial Immunity System And Rule Based Methods” International Journal of Artificial Intelligence & Applications (IJAIA), Vol.2, No.4, October, 2011.

Jurnalis Web, di akses tanggal 5 desember 2014. http://www.jurnalweb.com/content/tutorial-composer-php/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.