SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MINAT PEMILIHAN JURUSAN SMA DENGAN METODE K-MEANS CLUSTER ANALYSIS

Sahirul Muklis

Abstract


Penerimaan siswa baru sejak tahun 2013 mengalamiperubahan. Dimana calon siswa diwajibkan memilihjurusan pada awal pendaftaran masuk sekolah.Penjurusan minat biasanya dilakukan diakhir tahunajaran atau saat kenaikan tingkat ke kelas 11.Penerapan metode k-means cluster analysis diusulkansupaya bisa membantu dalam mengelompokan calonsiswa sesuai dengan minat jurusan yang diseleksiberdasarkan nilai akhir raport dan ujian akhir nasional.Untuk mendapatkan kelompok atau kelas IPA seorangcalon siswa harus mempunyai nilai akhir diatas 7. Jikatidak mempunyai nilai minimal 7 maka akan langsungmasuk ke minat jurusan IPS. Metode k-means digunakankarena memiliki ketelitian tinggi terhadap ukuran objek.Dari pengujian metode k-means cluster analysis didapatbisa diandalkan untuk membantu bagian kurikulumdalam mengelompokna calon siswa sesuai dengan minatjurusan yang ada.


Full Text:

PDF

References


Nurjolis. Pahami 17 Mata Pelajaran, Baru Pilih Jurusan.Retrieved from Direktorat Jendral Pendidikan Menengah:(http://dikmen.kemdikbud.go.id/html/index.php?id=berita&kode=269). ( 23 November 2014)

Cholis, N. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan DiSMA Menggunakan Analytical Hierarchy Proses (AHP).Yogyakarta: UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA.2013

Ariani, P. D., Kusuma, E. M., & Basuki, D. K. SISTEMPENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN JURUSAN SMKMENGGUNAKAN NEURO-FUZZY. Undergraduate Thesis,Institut Teknologi. 2010

Ediyanto, Muhlasah Novitasari Mara, Neva Satyahadewi.PENGKLASIFIKASIAN KARAKTERISTIK DENGANMETODE K-MEANS CLUSTER ANALYSIS. Buletin IlmiahMat. Stat. dan Terapannya (Bimaster), Volume 02, no 2, 133-136.2013.

Agusta, Y. K-Means-Penerapan, Permasalahan dan MetodeTerkait. Jurnal Sistem dan Informatika, Vol. 3, 47-60. Februari2007.

Singarimbun M dan Effendi S. Metode Penelitian Survai. Ed rev.Jakarta. LP3ES. 1989.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.